Keluarga Zhang Sudah di Yogyakarta, Kepulangan Belum Diputuskan

Peroleh penjelasan dari pihak terkait

Sleman, IDN Times - Anggota keluarga mendiang pebulutangkis China, Zhang Zhi Jie sudah berada di Yogyakarta. Namun hingga saat ini  belum diputuskan mengenai kepulangan jenazah Zhang yang meninggal dunia saat bertanding di GOR Amongrogo, Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyatakan dalam satu atau dua hari ke depan, diharapkan sudah ada keputusan terkait dengan jenazah Zhang yang saat ini masih berada di RSUP Dr. Sardjito.

1. Kakak dan ibu Zhang sudah di Yogyakarta

Keluarga Zhang Sudah di Yogyakarta, Kepulangan Belum DiputuskanHening cipta untuk menghormati Zhang Zhi Jie (Instagram.com/badmintonasia.official)

Dalam akun media sosial PBSI, yakni @badminton.ina, disampaikan kakak Zhang dan perwakilan Asosiasi Badminton China (CBA) sudah berada di Yogyakarta sejak Selasa (2/7/2024) atau dua hari setelah Zhang meninggal dunia pada Minggu (30/6/2024).

Pada Kamis (4/7/2024), ibu Zhang kemudian menyusul ke Yogyakarta. "Ditemani Sports Administration Zhejiang College of Sports, di mana Zhang bernaung," tulis akun tersebut pada Minggu (7/7/2024).

2. Beri penjelasan perihal insiden Zhang

Keluarga Zhang Sudah di Yogyakarta, Kepulangan Belum DiputuskanKepala Bidang Humas dan Media PP PBSI, Broto Happy (kanan) (IDN Times/Tunggul Damarjati)

PBSI mengatakan telah memfasilitasi dan membantu pengumpulan data serta keteranga yang dibutuhkan keluarga.

Panitia pelaksana, lanjutnya, pada Jumat (5/7/2024) menggelar audiensi kepada keluarga dengan menghadirkan seluruh pihak saat kejadian Zhang kolaps di lapangan kala berlaga di AJC 2024, GOR Amongrogo, Kota Yogyakarta.

"Dalam audiensi ini, keluarga dan CBA bisa mendengarkan keterangan dari dokter turnamen, dokter RSPAU dr. Suhadi Hardjolukito sebagai rumah sakit rujukan dan RSUP dr. Sardjito. Selain itu, keluarga dan CBA juga diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan agar mendapat gambaran seutuhnya terkait peristiwa tersebut," tulis PBSI.

Baca Juga: Profil Zhang Zhi Jie, Pebulutangkis Berprestasi China di BAJC 2024

3. Keputusan pemulangan jenazah

Keluarga Zhang Sudah di Yogyakarta, Kepulangan Belum DiputuskanZhang Zhi Jie (instagram.com/badmintonasia.official)

PBSI menyebut audiensi berjalan lancar, mereka pun menyatakan siap mendukung penuh pemenuhan surat atau dokumen pendukung yang diperlukan hingga proses pemulangan jenazah.

"Namun sampai hari ini, kami masih belum mendapat keputusan keluarga Zhang Zhi Jie untuk langkah selanjutnya. Kami berharap dalam 1-2 hari ini, sudah mendapatkan keputusan mengenai apa yang mau dilakukan oleh keluarga terhadap jenazah," tulis PBSI. 

Baca Juga: PBSI Minta BWF Kaji Ulang Aturan Usai Insiden Zhang Zhi Jie

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya