5 Hal Tentang Rudy Gobert, Pebasket NBA Pertama yang Positif Corona

Sempat bercanda tentang virus corona

Virus corona sudah menyebar luas ke belahan negara di dunia. Tak peduli siapa pun orangnya, corona bisa menyebar dan menginfeksi semua orang, termasuk olahragawan. Salah satunya adalah pemain basket Rudy Gobert, yang merupakan atlet NBA dilaporkan terkena corona pada Rabu (11/3). Berikut hal-hal yang perlu kamu tahu dari Rudy Gobert.

Baca Juga: Berjuang Sembuh dari Corona, Ini 10 Potret Mesra Tom Hanks & Istri

1. Merupakan salah satu pemain NBA yang hebat

5 Hal Tentang Rudy Gobert, Pebasket NBA Pertama yang Positif CoronaInstagram.com/rudygobert27

Rudy Gobert saat ini memperkuat tim Utah Jazz. Bukan sembarang pemain, ternyata Gobert adalah pemain yang diperhitungkan di lapangan NBA. Pemain asal Prancis ini mendapat penghargaan sebagai pemain bertahan terbaik tahunan hingga dua kali yaitu tahun 2018 dan 2019. Prestasinya itu, menjadikan dirinya sebagai salah satu dari 10 pemain NBA lain yang pernah menyabet gelar itu sampai dua kali sepanjang sejarah.

Selain itu, Gobert juga pernah menyabet penghargaan pemain bertahan terbaik untuk musim reguler pada tahun 2017, 2018, dan 2019.

Ditambah dia juga mendapat gelar All-NBA Team yang merupakan gelar untuk para pemain terbaik dalam liga setiap musim selesai. Gobert mendapat penghargaan tersebut di tahun 2017 dan 2019.

2. Pertandingan NBA ditunda karena Gobert terkena corona

Kabar terinfeksinya Gobert awalnya berasal dari akun Twitter resmi NBA , yang mengumumkan menunda sesi pertandingan karena salah satu pemain dari Utah Jazz positif terkena corona.

Melalui pengumuman itu, NBA juga menunda pertandingan antara Utah Jazz dan Oklahoma City Thunder di Chesapeake Energy Arena.

Meski pihak NBA tak mengumumkan secara langsung siapa pemain yang dimaksud, namun salah satu program TV Amerika, SportsCenter, membenarkan kabar bahwa pemain yang dimaksud adalah Rudy Gobert.

3. Semua anggota tim NBA bisa terpapar corona karena Gobert

Masa inkubasi virus corona adalah 2-14 hari sebelum gejala timbul.  Jika ditarik mundur dari tanggal Gobert positif terkena virus ini, maka dalam 2 minggu terakhir Utah Jazz sudah melakukan pertandingan melawan Toronto Raptors, Detroit Pistons, Boston Celtics, New York Knicks, Cleveland Cavaliers dan Washington Wizards, di mana empat dari pertandingan tersebut Gobert turun ke lapangan. 

Menurut akun Twitter StatMuse, yang merupakan situs untuk melihat statistika pertandingan memaparkan bahwa 30 tim di NBA bisa terpapar virus ini dalam 5 hari, sehingga keputusan yang tepat jika NBA menunda pertandingan.

Baca Juga: Daniel Radcliffe Jadi Korban Hoaks, Diisukan Tertular Covid-19 

4. Gobert hampir saja turun ke lapangan saat dinyatakan positif corona

5 Hal Tentang Rudy Gobert, Pebasket NBA Pertama yang Positif CoronaInstagram.com/rudygobert27

Sebelum pertandingan, Gobert dites untuk penyakit influenza, radang tenggorokan, dan saluran pernapasan namun hasilnya negatif. Namun pengetesan masih berlanjut untuk memastikan Gobert terkena virus corona atau tidak. Sesaat sebelum pertandingan melawan Thunder dimulai, hasil uji corona untuk Gobert keluar dan dinyatakan positif terkena virus corona.

Karena masih dalam pengujian, untungnya Gobert tidak sempat menginjakkan kakinya ke arena bertanding melawan Oklahoma City Thunder, sehingga para penonton yang datang bisa sedikit bernapas lega karena tidak kontak langsung dengan Gobert.

Selanjutnya, para pemain Jazz dan Thunder beserta setiap pemain dari tim yang pernah melawan Gobert di pertandingan dilakukan karantina untuk menghindari penyebaran virus.

5. Pernah membuat candaan tentang corona sebelum dia terkena virus

Salah satu hal yang menjadi perbincangan hangat netizen saat ini adalah, Gobert pernah melontarkan candaan tentang virus corona sebelum tertular.

Pada hari Senin waktu setempat,  Gobert bercanda dengan memegang semua mikrofon milik media yang mewawancarainya akibat kebijakan NBA yang menutup akses ke ruang ganti kepada media, dan orang lain yang tidak berkepentingan. Sehingga  hanya bisa diakses oleh pemain dan awak tim saja untuk menghindari corona. Selain itu para pemain juga diberi jarak 6-8 kaki (1,8-2,4 m) dari awak media akibat kebijakan itu.

Namun sayangnya candaan itu, kini semakin dikenal banyak orang karena Gobert malah positif terkena corona.

Baca Juga: Jabat Tangan Anti Corona ala Ma'ruf Amin, JK dan Sri Mulyani

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya