148 Kuda Berlaga di Kejurnas Pacu Kuda Seri 1: Indonesia Derby 2024

Perebutkan hadiah Rp1,2 miliar

Intinya Sih...

  • Kejuaraan Nasional Pacu Kuda Seri 1: Indonesia Derby 2024 diikuti oleh 148 kuda dari berbagai daerah di Indonesia dengan total hadiah sebesar Rp1,2 miliar.
  • Event ini mendapat antusiasme tinggi dari penonton, termasuk dari luar negeri, dan dianggap sebagai sport tourism yang memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar Stadion Sultan Agung.
  • Pacuan kuda di SSA memiliki potensi besar untuk menggerakkan ekonomi UMKM di sekitar stadion, juga melibatkan 370 UMKM lokal Yogyakarta dalam kejuaraan tersebut.

Bantul, IDN Times - Sebanyak 148 kuda dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Kejuaraan Nasional Pacu Kuda Seri 1: Indonesia Derby 2024. Kejuaraan ini berlangsung lapangan pacuan kuda Stadion Sultan Agung (SSA), Kabupaten Bantul, pada Minggu (28/7/2024).

1. Pacuan kuda bagian dari sport tourism mendapatkan antusias tinggi dari penonton

148 Kuda Berlaga di Kejurnas Pacu Kuda Seri 1: Indonesia Derby 2024Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih.(IDN Times/Daruwaskita)

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, mengatakan Kejuaraan Nasional Pacu Kuda Seri 1: Indonesia Derby 2024 yang digelar oleh Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) mendapat antusiasme tinggi dari penonton, termasuk dari luar negeri. Kejuaraan ini diikuti oleh puluhan stable dari seluruh Indonesia.

Dari sisi Pemkab Bantul, pacuan kuda dianggap sebagai sport tourism atau wisata olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat kelas menengah hingga atas. Hal ini memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar Stadion Sultan Agung, terutama melalui jasa penitipan dan perawatan kuda pacu.

"Jadi jasa usaha penitipan dan perawatan kuda ini pendapatannya cukup besar," ungkapnya.

2. Lapangan pacuan kuda SSA ke depan akan dikembangkan lebih baik

148 Kuda Berlaga di Kejurnas Pacu Kuda Seri 1: Indonesia Derby 2024Kejuaraan Nasional Pacu Kuda Seri 1: Indonesia Derby 2024 di Stadion Sultan Agung Bantul, Minggu (28/7/2024). (Dok. SARGA.CO)

Halim menyebut, Kejuaraan Nasional Pacu Kuda yang digelar di SSA memiliki potensi besar untuk menggerakkan ekonomi UMKM di sekitar stadion. Para pedagang makanan, termasuk kuliner khas seperti sate klatak, akan mendapatkan keuntungan dari pengunjung kejuaraan tersebut.

"Masyarakat sekitar juga ada memperoleh uang dari jasa parkir hingga dagangannya laris dibeli oleh penonton pacuan kuda," ujarnya.

Selain itu, Halim berharap lapangan pacuan kuda di SSA bisa dikembangkan lebih baik di masa depan, sehingga dampak ekonominya bisa lebih besar lagi.

"Bersama Pordasi saya juga telah menyampaikan pada prinsipnya Pemkab Bantul ingin membangun bangkitan-bangkitan ekonomi baik dari sektor pertanian, industri dan pariwisata dan pacuan kuda bisa masuk dalam sport tourism," ucapnya.

Baca Juga: Ribuan Wisatawan Saksikan JIKF 2024 di Pantai Parangkusumo

3. 70 stable dari 12 provinsi ikuti Kejuaraan Nasional Pacu Kuda Seri 1: Indonesia Derby 2024

148 Kuda Berlaga di Kejurnas Pacu Kuda Seri 1: Indonesia Derby 2024CEO SARGA.CO, Arya Djojohadikusumo (tengah). (IDN Times/Daruwaskita)

Sementara itu CEO SARGA.CO, Arya Djojohadikusumo, mengatakan Kejuaraan Nasional Pacu Kuda Seri 1: Indonesia Derby 2024 ini diikuti oleh 148 kuda dari berbagai daerah di Indonesia dengan 18 race yang terdiri dari dua kategori kelas yakni non-kejurnas dan kelas kejurnas dengan merebutkan hadiah total Rp1,2 miliar.

"Dari 18 race untuk kelas non-kejurnas terdapat 10 race dan untuk kejurnas terdapat delapan race," ujarnya.

Keponakan Prabowo Subianto dalam Kejuaraan Nasional Pacu Kuda Seri 1 : Indonesia Derbi 2024 ini juga diikuti oleh 70 stabel dari 12 provinsi dan jumlah stabel terbanyak dalam sejarah kejuaraan pacuan kuda yang berlangsung di Indonesia yang hadir.

"Kejuaraan Nasional Pacu Kuda Seri 1 : Indonesia Derbi 2024 yang berlangsung di lapangan pacuan kuda Stadion Sultan Agung ini kita juga melibatkan 370 UMKM lokal Yogyakarta. Kita kenalkan produk mereka dari kuliner hingga kerajinan tangan," tuturnya.

Baca Juga: Ribuan Penonton Padati Pacuan Kuda Piala Tiga Mahkota Seri 2 Bantul 

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya