Comscore Tracker

Bawa Pulang Piala Thomas, Ini Ungkapan Hati Ibu Rian Ardianto

Terus mendoakan agar Rian bisa mengharumkan Bangsa Indonesia

Bantul, IDN Times - ‎Salah satu putra terbaik dari Bantul, Muhammad Rian Ardianto, menjadi atlet bulutangkis yang berlaga dalam ajang Piala Thomas Cup.

Rian yang berpasangan dengan Fajar Alfian, mampu menyumbang kemenangan Indonesia 3-0 atas China. Keduanya menumbang wakil pasangan ganda China Ji Ting/Zhou Hao Dong dengan skor 21-12 dan 21-19.

Kemenangan Rian Ardianto yang tercatat sebagai warga Padukuhan Bopongan, Kalurahan Tamanan, Kapanewon Banguntapan, itu disambut gembira keluarga dan membuat bangga rakyat Indonesia pada umumnya dan warga Bantul pada khususnya.

Baca Juga: Indonesia Sah Jadi Penguasa Piala Thomas, Kangkangi China

1. Terus mendoakan putranya agar memberi hal yang terbaik bagi Bangsa Indonesia‎

Bawa Pulang Piala Thomas, Ini Ungkapan Hati Ibu Rian ArdiantoIbu dari Rian Ardianto, Umi Marwati (54).(IDN Times/Daruwaskita)

Ibu dari Rian Ardianto, Umi Marwati (54) tak henti-hentinya mengucapkan syukur atas prestasi yang diraih putranya dalam ajang bergengsi Piala Thomas Cup yang berlangsung di Denmark dan turut mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah dunia internasional.

Meskipun tak bisa menonton secara langsung di lapangan, Umi sangat bersemangat ketika melihat putra keduanya tampil di layar televisi. Umi bahkan mengajak anak kosnya untuk turut menyaksikan laga pasangan Rian Ardian dan Fajar Alfian pada Minggu malam (17/10/2021) kemarin.

Tiap malam Umi mengaku mendoakan putranya agar mampu memberikan hal yang terbaik bagi keluarga dan bangsa Indonesia. Dalam ajang piala Thomas Cup 2021 ini Umi yang mengaku selalu berkomunikasi dengan anaknya terus memberikan semangat, doa dan dukungan moril.

"Pasti memberi dukungan doa dan semangat. Selama ini komunikasi dengan Ardian juga lancar. Ya tapi karena beda jam kadang harus menunggu anak saya bangun atau anak saya yang duluan telepon," katanya saat ditemui awak media di kediamannya, Senin (18/10/2021).

"Anak saya sebelum pertandingan pasti mengabari saya," ungkapnya lagi.

2. Rian tumbuh dari keluarga bukan atlet namun ayahnya hobi olahraga badminton

Bawa Pulang Piala Thomas, Ini Ungkapan Hati Ibu Rian ArdiantoGanda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (IDN Times/PBSI)

Olahraga badminton bagi Rian bukan hal yang asing karena tumbuh dari keluarga bukan atlet namun hanya dari hobi bulu tangkis yang disukai oleh ayahnya sehingga sering diajak untuk latihan bersama ayahnya.

Dari hobi main badminton tersebut, orang tua Rian mengikutkan Rian untuk bergabung dengan klub lokal. Dari sana bakat Rian semakin terlihat dengan menjuarai berbagai kompetisi hingga akhirnya Rian mengawasi karier profesionalnya dengan bergabung dengan PB Jaya Raya Jakarta sejak SMA Kelas 2.

"Awalnya saya hanya kepikiran jika tidak diberi kesibukan maka usai sekolah akhirnya keluyuran sehingga dialihkan ke olahraga," jelasnya.

3. Ingin berkarier profesional, Rian hijrah ke Jakarta‎

Bawa Pulang Piala Thomas, Ini Ungkapan Hati Ibu Rian ArdiantoPasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pastikan Indonesia jadi juara grup di Kejuaraan Beregu Asia 2020 (IDN Times/PBSI)

Kepergian Rian ke Jakarta untuk berkarier profesional di olahraga badminton ini juga yang menyebabkan Rian jauh dari keluarga. Bahkan pada tahun 2020 lalu, Rian hanya sekali pulang kampung. Namun, dukungan dari keluarga tak berhenti, bahkan jika ada kesempatan Rian bertanding, keluarga menyempatkan diri untuk menontonnya.

"Saat kecil kami sering nonton Rian bertanding namun saat dewasa Rian ndak mau dilihat saat berlaga sehingga kami harus nyolong-nyolong nontonnya," kata Umi.

"Tapi pas Asian Game 2018 kami sekeluarga nonton Rian berlaga di Istora Senayan," tambahnya lagi.

Umi menjelaskan dari awal keluarga tak mengarahkan Rian menjadi atlet namun jika ingin menjadi atlet profesional maka tempatnya adalah Jakarta. Jika hanya di Yogyakarta tentu kesempatan berlaga di kompetisi tinggi tidak mungkin terlaksana.

"Ya berjalan normal saja namun dia punya hobi dan mau maju sehingga kita dukung. Ya alhamdulilah bisa sampai membela negara," ungkapnya.

4. Keluarga punya keinginan Rian masuk ranking nomor 1 dunia‎

Bawa Pulang Piala Thomas, Ini Ungkapan Hati Ibu Rian ArdiantoPasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko)

Dari berbagai prestasi dan kejuaraan yang dimenangkan Rian kata Umi sudah bisa menyisihkan uang untuk tabungan bahkan sudah bisa membeli tanah. Rumah di Bantul juga sudah direnovasi termasuk membangun kos-kosan yang baru di samping rumah di Bantul.

"Saya masih punya harapan Rian nantinya bisa menjadi ranking dunia nomor 1. Namun dijawab Rian untuk menjadi nomor satu dunia bebannya sangat besar," ungkapnya.

Umi hanya berpesan dengan capaian di Thomas Cup ini, Rian tetap bersyukur serta tetap rendah hati, selalu berdoa dan jangan sampai lupa pada yang dibawah.

"Jangan lupa kewajiban salat, tetap rendah hati dan jangan bosan untuk berusaha mencapai yang lebih baik," katanya.‎

Baca Juga: 10 Potret Kompak Fajar/Rian di Luar Lapangan, Kayak Kembar!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya