Harga Hewan Kurban Naik hingga Rp2 Juta, DIY Kekurangan 7 Ribu Domba 

Jika sohibul tak beralih ke kambing, stok domba tak cukup

Yogyakarta, IDN Times - Harga hewan kurban yang dijual di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengalami kenaikan menjelang Iduladha. Kendati, kenaikan harga ini diklaim lumrah terjadi setiap mendekati momen ibadah kurban.

 

 

1. Harga sapi naik Rp2 juta

Harga Hewan Kurban Naik hingga Rp2 Juta, DIY Kekurangan 7 Ribu Domba ilustrasi hewan kurban (IDN Times/Aditya Pratama)

Asisten Sekretaris Daerah DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Tri Saktiyana menuturkan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) telah menyurvei sejumlah lokasi penjualan hewan ternak di wilayah kabupaten/kota sejak beberapa hari terakhir.

"Temuan-temuannya hampir sama, mirip. Kebanyakan adalah kenaikan harga hewan kurban," kata Tri di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Jumat (22/6/2023).

Menurut Tri, kenaikan harga sapi per ekornya antara Rp1 juta hingga Rp2 juta, sedangkan kambing Rp500 ribu sampai Rp1 juta. "Kebanyakan memang karena mekanisme permintaan dan penawaran," imbuh Tri.

2. Minta warga tenang, stok daging di pasar stabil

Harga Hewan Kurban Naik hingga Rp2 Juta, DIY Kekurangan 7 Ribu Domba Ilustrasi hewan kurban. (dok. IDN Times/Istimewa)

Tri mengklaim, kenaikan harga hewan kurban ini memang sering terjadi setiap momen menjelang datangnya hari raya Iduladha.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, lanjut Tri, kenaikan harga hewan kurban ini tak sampai mempengaruhi daging sapi serta kambing yang dijual di pasaran.

"Yang naik itu hanya hewannya bukan dagingnya," tutur Tri.

Baca Juga: Black Bos, Sapi dari Sleman Jadi Pilihan Hewan Kurban Jokowi 

3. Jumlah domba minus 7 ribu ekor

Harga Hewan Kurban Naik hingga Rp2 Juta, DIY Kekurangan 7 Ribu Domba Sejumlah pedagang hewan di Lamongan nekat berjualan hewan kurban di pinggir jalan. Dok Istimewa

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY Sugeng Purwanto menyebut kebutuhan hewan kurban di wilayahnya untuk tahun ini surplus, kecuali domba.

Data ketersediaan hewan ternak DPKP DIY yang dipaparkan Sugeng, populasi sapi potong di DIY tercatat mencapai 26 ribu ekor, kambing 27 ribu ekor, dan domba 19 ribu ekor.

Sementara prediksi kebutuhan untuk kurban, sapi mencapai 25.970 ekor, kambing 23.099 ekor, dan domba 26.900 ekor.

"Artinya, untuk domba kemungkinan kekurangannya mencapai 7 ribuan jika para sohibul tak beralih ke kambing. Kami yakin (kekurangan domba) ini larinya akan ke kambing. Jadi kalau dikonversi ya antara kekurangan di domba dan kelebihan di kambing, ini sebenarnya kekurangannya tidak lebih dari tiga ribu," imbuh Sugeng.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Perajin Besek di Bantul Kebanjiran Pesanan

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya