Yenny Wahid Berharap Peran Ganjar Jaga Keistimewaan Bawa Tuah Pilpres

Yenny berharap Ganjar-Mahfud menguasai suara di DIY

Sleman, IDN Times - Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Yenny Wahid berharap paslon jagoannya bisa menguasai suara di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat Pilpres 2024.

"Kita berharap (Ganjar-Mahfud) di DIY bisa menang mayoritas," kata Yenny di Pondok Pesantren Qashrul Arifin, Sleman, DIY, Sabtu (9/12/2023) malam.

1. Tuah jaga keistimewaan DIY

Yenny Wahid Berharap Peran Ganjar Jaga Keistimewaan Bawa Tuah PilpresCalon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Asa Yenny untuk paslon nomor urut tiga untuk bisa menguasai suara di DIY dengan menimbang kiprah Ganjar saat masih jadi anggota DPR RI dulu.

Ganjar, kata Yenny, mempunyai peran dalam menjaga status keistimewaan DIY hingga lahirnya UU Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY. "Jadi keberpihakan pasangan 03 terhadap masyarakat DIY dengan segala keistimewaannya, Mas Ganjar termasuk salah satu pelopor keistimewaan DIY. Nah, itu kita harapkan bisa menjadi sentimen yang kemudian menggerakkan masyarakat untuk memilih pasangan Ganjar dan Mahfud," katanya.

 

2. Penyokong masyarakat Indonesia, fungsi multidimensi

Yenny Wahid Berharap Peran Ganjar Jaga Keistimewaan Bawa Tuah PilpresDewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Yenny Wahid (IDNTimes/Tunggul Damarjati)

Kedatangan Yenny ke Pondok Pesantren Qashrul Arifin dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat dari kalangan santri untuk diperjuangkan oleh Ganjar-Mahfud.

Ponpes dipilih karena perannya menyokong masyarakat Indonesia sejak zaman prakemerdakaan. Mulai dari sektor pendidikan, sosial, rohani, hingga perekonomian.

"Pusat-pusatnya semua di pondok. Fungsi pondok yang sangat multidimensi membuat pondok punya posisi penting di tengah-tengah masyarakat. Mereka menjadi pakunya komunitas, karena itu kita menganggap penting sekali pondok itu dikuatkan. Pondok harus jadi partner untuk mengayomi masyarakat," ungkap Putri Gus Dur tersebut.

Yenny melihat masih banyak ruang bagi pemerintah untuk menunjukkan keberpihakannya pada pesantren, sehingga ia mewakili Ganjar-Mahfud menyambangi kalangan tarekat serta santri guna memastikan apakah mereka sudah menjadi bagian dari pembangunan.

"Apakah mereka selama ini merasa ditinggalkan, nah ini kan harus didengar suaranya," ujarnya.

Baca Juga: Jelang Debat, Ganjar Pilih Istirahat dari Kampanye dan Jalan ke Mal

3. Sosok yang bisa dititipi para santri

Yenny Wahid Berharap Peran Ganjar Jaga Keistimewaan Bawa Tuah PilpresDewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Yenny Wahid (IDNTimes/Tunggul Damarjati)

Yenny menuturkan Ganjar-Mahfud juga memiliki kedekatan dengan para santri. Semisal, Atiqoh, istri Ganjar yang berasal dari kalangan ponpes.

Sementara Mahfud dikenal rekam jejaknya, salah satunya sebagai santri di samping jabatan menteri.

"Jadi di sana bisa dilihat, memang ada keterikatan. Jadi pondok juga merasa ada orang-orang yang bisa dititipi aspirasi ke depannya nanti di pemerintahan," pungkasnya.

Baca Juga: Jokowi Dapat Nominasi Alumnus UGM Paling Memalukan dari BEM

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya