[UPDATE] 4 Pasien COVID-19 di DIY Sembuh, Kasus Positif Bertambah 2

Pasien sembuh sudah boleh pulang

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Daerah Istimewa (DIY) mengumumkan adanya empat kasus baru pasien sembuh dari infeksi virus corona (COVID-19), Rabu (15/4).

Keempatnya dinyatakan pulih dan diperbolehkan keluar dari rumah sakit, namun masih dalam pengawasan medis.

Baca Juga: Kemenag Sleman Imbau Tak Lakukan Buka Puasa Bersama Selama Ramadan

1. Total pasien sembuh 22

[UPDATE] 4 Pasien COVID-19 di DIY Sembuh, Kasus Positif Bertambah 2Update data COVID-19 di DIY, 15 April 2020. Twitter.com/humas_jogja

Juru Bicara Pemda DIY untuk penanganan COVID-19 Berty Murtiningsih mengatakan, keempat pasien teridentifikasi sebagai kasus 20, 27, 34, dan 40.

Kasus 20, pasiennya adalah perempuan warga Sleman berusia 70 tahun, lalu kasus 27 adalah seorang laki-laki berumur 45 tahun asal Sleman. Kemudian, kasus 34, laki-laki warga Sleman, berumur 30 tahun.

"Kasus 34 ada dua alamat, alamat Sleman dan Bantul. Sehingga dua kabupaten tersebut telah melakukan tracing bersama," kata Berty dalam keterangan resminya, Rabu.

Sedangkan, yang terakhir, kasus 40 pasiennya perempuan berumur 30 tahun asal Sleman.

2. Tambahan dua kasus positif

[UPDATE] 4 Pasien COVID-19 di DIY Sembuh, Kasus Positif Bertambah 2IDN Times/Bagus F

Turut diumumkan Berty pada kesempatan ini tentang adanya dua kasus baru pasien positif corona di DIY. Sehingga, total kasus menjadi 64.

"Hasil uji laboratorium penambahan kasus positif pada hari ini tanggal 15 April 2020 di DIY sebanyak 2 kasus terkonfirmasi positif, sehingga jumlah kasus di DIY menjadi 62 kasus," tutur Berty.

Catatan kasus bagaimanapun berubah seiring dengan adanya pasien yang dipindah lagi ke daerah asal sesuai kebijakan Public Health Emergency Operating Center (PHEOC). Yakni, kasus 37 ke Pemalang Jawa Tengah, setelah jauh sebelumnya juga ada yang ditarik ke Kebumen, Jawa Tengah.

Berty melanjutkan, untuk dua pasien terbaru diklasifikasikan ke dalam kasus 63 dan 64. Untuk kasus 63, pasiennya adalah seorang laki-laki berumur 70 tahun asal Sleman.

"Ada riwayat perjalanan ke Batam dan Jawa Barat," terang Berty.

Sedangkan kasus 64, menurut Berty memiliki riwayat bepergian ke Jakarta. Pasiennya, merupakan seorang laki-laki berumur 74 tahun asal Bantul.

Dengan adanya penambahan ini, berarti jumlah pasien positif yang masih dalam penanganan rumah sakit menjadi 34 orang.

3. Empat PDP meninggal

[UPDATE] 4 Pasien COVID-19 di DIY Sembuh, Kasus Positif Bertambah 2Data COVID-19 di DIY, 15 April 2020. Twitter.com/humas_jogja

Kabar lain yang disampaikan Berty adalah perihal meninggalnya empat orang yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP).

Keempatnya, yakni seorang pasien laki-laki berusia 74 tahun asal Gunungkidul. Dia tercatat memiliki riwayat komorbid atau penyakit penyerta, yakni stroke.

Berikutnya, adalah seorang perempuan berumur 60 tahun yang juga berasal dari Gunungkidul.

Lalu, seorang laki-laki berumur 38 tahun asal Sleman yang mempunyai penyakit penyerta berupa tuberculosis.

Terakhir, seorang perempuan berumur 61 tahun warga Sleman. "Ada riwayat komorbid leptospirosis," tandasnya.

Baca Juga: [UPDATE] 14 April 2020, Kasus Positif COVID-19 di DIY Bertambah 6

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya