[UPDATE] 29 April, Total Pasien Positif COVID-19 di DIY Jadi 94 Kasus

Ada penambahan 1 pasien positif

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengumumkan penambahan satu pasien baru yang positif terpapar virus corona (COVID-19), Rabu (29/4).

Kasus ini disebut ada kaitannya dengan pasien-pasien dari kasus-kasus sebelumnya.

Baca Juga: Satu Keluarga Positif COVID-19, Pemda Bantul: Bukan Transmisi Lokal

1. Pasien lansia

[UPDATE] 29 April, Total Pasien Positif COVID-19 di DIY Jadi 94 KasusUpdate data pasien COVID-19 di DIY, 29 April 2020. Twitter.com/humas_jogja

Juru Bicara Pemda DIY untuk penanganan COVID-19 Berty Murtiningsih menyebut sejauh ini ada 94 kasus pasien positif virus corona di DIY. Pasien ini sendiri diklasifikasikan sebagai kasus 96, lantaran ada dua kasus yang ditarik ke daerah asal pasiennya, yakni di Kebumen dan Pemalang.

"Kasus 96, laki-laki usia 73 tahun warga Sleman," kata Berty dalam keterangan resminya, Rabu.

Untuk riwayat penularannya, kata Berty, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman yang melakukan proses penelusurannya.

2. Terkait dengan dua kasus di Sleman

[UPDATE] 29 April, Total Pasien Positif COVID-19 di DIY Jadi 94 KasusJoko Hastaryo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. (IDN Times/Siti Umaiyah)

Sementara itu, Joko Hastaryo selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman mengatakan, pasien terbaru ini adalah warga Mlati, yang ada hubungannya dengan dua kasus lain di Sleman.

"Kasus 96 warga Mlati terkait kasus 62, warga Gamping yang terkait kasus 35, warga Gamping juga yang sudah meninggal," kata Joko melalui whatsapp.

Kasus 62, sebagaimana diberitakan sebelumnya, diumumkan positif tertular COVID-19 pada 14 April silam. Pasiennya adalah seorang laki-laki berusia 54 tahun yang memiliki riwayat kontak dengan seorang pasien positif lainnya.

Pasien yang dimaksud adalah kasus nomor 35 yang telah meninggal pada 6 April lalu atau dua hari usai diumumkan positif COVID-19. Almarhum merupakan seorang jemaah tablig di Jakarta.

"Kasus 96 ini harus diakui sebagai penularan setempat atau transmisi lokal, tapi masih jelas alurnya," tegas Joko.

Kasus 62 dan 96, menurut Joko sejauh ini bersikap terbuka dan telah menginformasikan kondisi mereka kepada para anggota jemaah tablig lain.

"Tapi, ternyata rata-rata sudah dua bulan tidak ada aktivitas atau pengajian bersama. Sejak pertengahan Februari sudah tidak ada aktivitas tablig bersama," tutup Joko.

3. Pasien sembuh

[UPDATE] 29 April, Total Pasien Positif COVID-19 di DIY Jadi 94 KasusRSUP dr. Sardjito. IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara berita baik dalam lapran Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DIY hari ini adalah adanya satu pasien sembuh. Yakni, pasien kasus nomor 59, seorang warga Sleman usia 26 tahun dan berjenis kelamin laki-laki.

Dengan demikian, jumlah pasien COVID-19 yang sekarang masih dirawat di rumah sakit ada 47 orang. Sedangkan, untuk pasien yang berhasil pulih totalnya ada 40 orang.

Baca Juga: Ditolak Masuk ke DIY, Puluhan Kendaraan dan Ratusan Orang Balik Arah

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya