Stasiun Tugu Yogyakarta Bakal Direvitalisasi, Taman akan Dipercantik

Target revitalisasi selama enam bulan

Yogyakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut sejumlah stasiun di Pulau Jawa, termasuk Stasiun Tugu Yogyakarta akan direvitalisasi. Program ini tidak akan menghilangkan aspek cagar budaya, namun akan membuat bangunan stasiun itu cantik.

 

1. Stasiun yang direvitalisasi mulai dari Jakarta hingga Surabaya

Stasiun Tugu Yogyakarta Bakal Direvitalisasi, Taman akan Dipercantikpintu masuk stasiun tugu yogyakarta (bappeda.jogjaprov.go.id)

Budi menjelaskan, revitalisasi oleh PT KAI (Persero) ini salah satunya demi menciptakan dan menambah kenyamanan bagi para pengguna jasa perkeretaapian.

"Ada ide baik dari KAI untuk merevitalisasi bangunan-bangunan stasiun di seluruh Jawa. Terutama di Jogja, Solo, Semarang, Bandung, Surabaya, Jakarta Pasar Senen, dan sebagainya," kata Budi di Stasiun Tugu Yogyakarta, Senin (1/1/2024).

Kemenhub dan PT. KAI berkoordinasi dengan pemda masing-masing untuk rencana revitalisasi ini. Kata Budi, pihaknya akan berkomunikasi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X sebelum rencana revitalisasi dimulai.

 

2. Tak akan menghilangkan aspek cagar budaya

Stasiun Tugu Yogyakarta Bakal Direvitalisasi, Taman akan DipercantikIlustrasi Stasiun Tugu Yoyakarta Zaman Dulu (kebudayaan.jogjakota.go.id)

Budi memastikan upaya revitalisasi ini tidak mengubah wujud asli dari masing-masing bangunan stasiun yang kebanyakan berusia 100 tahun lebih.

Di Stasiun Tugu Yogyakarta misalnya, kata Budi, revitalisasi dilakukan dengan membuat sebuah area taman.

"Membuat taman yang cantik yang akan dipertahankan sesuai dengan keindahan yang telah ada sejak lama," kata Budi membeberkan ide revitalisasi Stasiun Tugu Yogyakarta.

Tak hanya revitalisasi bangunan stasiun, kementeriannya memberikan arahan kepada PT. KAI untuk meningkatkan pelayanan dengan menambah bakal pelanting atau sarana perkeretaapian (rolling stock).

Baca Juga: Sejarah Stasiun Tugu Yogyakarta Salah Satu Stasiun Tercantik Indonesia

3. Target revitalisasi selama enam bulan

Stasiun Tugu Yogyakarta Bakal Direvitalisasi, Taman akan DipercantikDirektur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, Didiek Hartantyo di Stasiun Dukuh Atas LRT Jabodebek, Jakarat Selatan. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyebut pihaknya menargetkan jangka waktu enam bulan untuk merealisasikan desain beautifikasi Stasiun Tugu Yogyakarta.

"Insyaallah dalam waktu 6 bulan penampakan stasiun akan berubah," imbuhnya.

Menurut Didik, setidaknya ada tiga stasiun di bawah naungan PT. KAI DAOP VI yang kebagian jatah revitalisasi ini. Meliputi Stasiun Tugu Yogyakarta, Lempuyangan, dan Solo Balapan.

Baca Juga: 7 Tempat Makan Murah sekitar Stasiun Tugu Jogja Harga Mulai Rp3 Ribuan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya