Ridwan Kamil Sebut Aset Ponpes Al Zaytun Dibekukan

Mahfud MD sebut status tersangka tinggal tunggu waktu

Sleman, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut aset-aset milik Pondok Pesantren Al Zaytun telah dibekukan.

"Pimpinannya, Pak Panji Gumilang sudah ditindaklanjuti kasusnya oleh Bareskrim, kemudian aset-asetnya kemungkinan sudah dibekukan," kata Ridwan Kamil di Sleman, Rabu (5/7/2023).

 

1. Perputaran aset sangat besar

Ridwan Kamil Sebut Aset Ponpes Al Zaytun DibekukanRidwan Kamil. (ANTARA/Chairul Rohman)

Ridwan Kamil mengungkap alasan di balik pembekuan aset dari Ponpes Al Zaytun itu yakni karena terdeteksi adanya perputaran uang yang sangat besar. "Karena perputarannya besar sekali," ungkap mantan wali Kota Bandung itu.

Sedangkan ribuan santri Ponpes Al Zaytun, rencananya diambil alih oleh Kementerian Agama. Mereka bakal dibina atau dididik sesuai kurikulum berlaku.

"Karena bagaimanapun mereka anak-anak bangsa yang harus terus belajar, tapi tentu dengan pola belajar dan kurikulum yang sesuai dengan yang kita sepakati," tuturnya.

 

 

2. Klaim Jawa Barat kondusif

Ridwan Kamil Sebut Aset Ponpes Al Zaytun DibekukanPonpes Al Zaytun (Instagram/Al Zaytun Indonesia)

Lebih jauh, Ridwan Kamil mengklaim situasi di Jawa Barat sejak kemunculan polemik Ponpes Al Zaytun hingga sekarang masih kondusif.

"Jawa Barat kondusif, gubernurnya juga gercep sehingga situasi kondusivitas sosial kemasyarakatan tidak banyak dinamika yang tidak perlu menjelang pemilu 2024," pungkasnya.

Baca Juga: 10 Agenda Wisata Jogja Juli 2023, Stand Up Comedy sampai Konser

3. Telusuri 256 rekening

Ridwan Kamil Sebut Aset Ponpes Al Zaytun Dibekukanilustrasi rekening (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mengatakan, saat ini Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) mengidentifikasi 256 rekening di bank dengan nama Panji Gumilang. Rekening itu dibuat dengan enam identitas berbeda. 

"Ya, memang ada 256 rekening (di bank) atas nama Abu Toto Panji Gumilang, Abdussalam Panji Gumilang. Pokoknya ada enam lah (identitasnya)," ungkap Mahfud usai memberikan sambutan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (5/7/2023). 

Rekening atas nama Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun diketahui terdapat sebanyak 33 buah. "Sehingga total ada 289 rekening," tutur dia. 

Ia menambahkan, transaksi keuangan ratusan rekening tersebut masuk ke kategori agak mencurigakan sehingga PPATK sedang mendalaminya.

"Ini sekarang sedang dianalisis dari sudut PPATK. Apakah ada pencucian uang atau tidak. Kalau ada transaksi yang mencurigakan, maka akan diambil oleh PPATK (untuk ditelusuri)," katanya. 

4. Jadi tersangka tinggal tunggu waktu

Ridwan Kamil Sebut Aset Ponpes Al Zaytun DibekukanPimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang (tengah) berjalan saat akan menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (3/7/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Ponpes Al Zaytun saat ini tengah mendapat sorotan lantaran muncul dugaan ajaran menyimpang. Pesantren ini disorot sejak beredarnya video saf salat Id Fitri yang bercampur antara perempuan dan laki-laki pada April lalu.

Selain itu, pimpinannya Panji Gumilang sempat melontarkan pelbagai pernyataan kontroversial yang dianggap menghina agama. Alhasil, Panji dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri dengan tuduhan telah menodai agama Islam oleh Ketua Forum Advokat Pembela Pancasila (FAPP), Ihsan Tanjung.

Ia telah diinterogasi di Bareskrim pada Senin (3/7/2023) selama 9 jam. Namun statusnya masih sebagai terlapor. Mahfud meyakini tersangka dalam kisruh Ponpes Al Zaytun tinggal menunggu waktu.

Baca Juga: 4 Juta Wisatawan ke Sleman, Terbanyak ke Destinasi Warisan Budaya

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya