Ribuan Pedagang Malioboro Divaksinasi, Menkes: Tak Timbulkan Kerumunan

Diklaim lebih baik ketimbang vaksinasi di Tanah Abang

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah melaksanakan vaksinasi COVID-19 tahapan kedua di Kota Yogyakarta menyasar ribuan pedagang di Pasar Beringharjo dan kawasan Malioboro, Senin (1/3/2021).

Proses vaksinasi di tiga lokasi diklaim lancar tanpa menimbulkan pelanggaran protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Baca Juga: Melayat Artidjo Alkostar, Jokowi: Integritasnya jadi Teladan  

1. Lebih baik ketimbang vaksinasi di Tanah Abang

Ribuan Pedagang Malioboro Divaksinasi, Menkes: Tak Timbulkan KerumunanIDN Times/Tunggul Damarjati

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi di Benteng Vredeburg, mengklaim prosesi berjalan lancar dan baik.

Disebutkannya, lebih tertata ketimbang pelaksanaan vaksinasi di Tanah Abang, Jakarta yang disorot lantaran menimbulkan kerumunan.

"Iya (lebih baik). Belajar. Setiap kali ada event, kita belajar," ujar Budi di Benteng Vredeburg, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Senin.

2. Dibatasi per kloter

Ribuan Pedagang Malioboro Divaksinasi, Menkes: Tak Timbulkan KerumunanPresiden RI Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi massal terhadap pedagang di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Senin (1/3/2021). Dok. Humas Pemda DIY

Tertata, lantaran vaksinasi dibagi menjadi kloter untuk per jamnya. Semisal, di Pasar Beringharjo maksimal 120 orang per jam, sedangkan di Benteng Vredeburg paling banyak 140 orang per jam.

"Tadi pelaksanaannya sudah jauh lebih rapi, kan biasanya terjadi kerumunan," bebernya.

3. Targetkan 19 ribu lebih pedagang

Ribuan Pedagang Malioboro Divaksinasi, Menkes: Tak Timbulkan KerumunanPresiden RI Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi massal terhadap pedagang di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Senin (1/3/2021). Dok. Humas Pemda DIY

Vaksinasi tahapan kedua di Kota Yogyakarta ini sendiri targetnya menyasar 19 ribu lebih jiwa. Meliputi pedagang Pasar Beringharjo dan sekitar, masyarakat seputar Malioboro dan Alun-alun Utara, serta pegawai toko yang ada di sepanjang kawasan Malioboro.

Pelaksanaan vaksinasi hari ini di Kota Yogyakarta dibagi tiga lokasi. Antara lain Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, dan Tempat Parkir Abu Bakar Ali (ABA).

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menuturkan, pemberian dosis pertama kepada 19 ribuan jiwa penerima vaksin dibagi ke dalam enam hari. Untuk hari ini totalnya ada 3.200 jiwa yang disuntik vaksin dosis pertama.

"Itu melibatkan 280 tenaga medis baik dokter maupun vaksinator, per hari lho ya. Ini khusus pedagang pelaku usaha andong becak, harapan kami memproteksi dan melindungi mereka dan orang lain," ujar Haryadi.

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi Massal, Jokowi Berharap Ekonomi Malioboro Pulih  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya