Melayat Artidjo Alkostar, Jokowi: Integritasnya jadi Teladan  

Kepribadian dan integritas Artidjo tak diragukan lagi

Yogyakarta, IDN Times - Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo melayat almarhum Artidjo Alkostar di Masjid Ulil Albab, Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII), Sleman, pada Senin (1/3/2021) pagi.

Didampingi Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Jokowi turut menyalatkan jenazah Artidjo setibanya di lokasi.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Kemarin hari Minggu telah berpulang ke rahmatullah Bapak Artidjo Alkostar. Kita telah kehilangan putra terbaik bangsa," ujar Jokowi di Masjid Ulil Albab UII, melansir keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Meninggal Dunia, Fakta-fakta Artidjo Alkostar yang Ditakuti Koruptor

1. Artidjo merupakan teladan bagi penegak hukum

Melayat Artidjo Alkostar, Jokowi: Integritasnya jadi Teladan  Dok. BPMI Sekretariat Presiden

Jokowi mengaku mempunyai kenangan tersendiri dengan almarhum semasa hidup. Menurutnya, kepribadian dan integritas Artidjo tak diragukan lagi dan merupakan teladan bagi para penegak hukum.

"Beliau adalah penegak hukum, hakim agung, dan Dewan Pengawas KPK yang sangat rajin, jujur, memiliki integritas yang tinggi," tuturnya.

2. Pemerintah menyampaikan dukacita mendalam

Melayat Artidjo Alkostar, Jokowi: Integritasnya jadi Teladan  Dok. BPMI Sekretariat Presiden

Setelah menyampaikan belasungkawa, Jokowi turut mendoakan almarhum agar diberikan tempat terbaik di sisi-Nya. "Atas nama pemerintah kami menyampaikan dukacita mendalam," tandasnya.

Tak lama setelah itu, Presiden berpamitan meninggalkan lokasi. Almarhum Artidjo sendiri sedianya akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman UII. Prosesinya dimulai sekira pukul 10.00 WIB.

3. Artidjo ditakuti koruptor

Melayat Artidjo Alkostar, Jokowi: Integritasnya jadi Teladan  (Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar) ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Mendiang Artidjo Alkostar meninggal dunia di usia 72 pada Minggu, 28 Februari 2021 lalu. Mantan hakim agung ini menjabat sebagai Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebelum wafat.

Selama 18 tahun menjadi hakim agung di Mahkamah Agung, ia menangani banyak kasus korupsi kelas kakap dan menjatuhkan hukuman berat bagi pelakunya tanpa peduli peta kekuatan dan back-up politik. Itulah yang membuat alumnus UII ini ditakuti oleh para koruptor.

Nama-nama tenar seperti Anas Urbaningrum, Angelina Sondakh, Ratu Atut Chosiyah, dan OC Kaligis adalah beberapa dari sekian banyak koruptor yang divonis hukuman oleh Artidjo. Ia bahkan turut menangani kasus korupsi yang melibatkan mantan presiden Suharto.

Baca Juga: 9 Kasus Korupsi yang Keok di Tangan Artidjo Alkostar

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya