Polisi Periksa Saksi Pelemparan Botol ke Refly Harun saat Diskusi

Refly Harun belum lapor polisi

Sleman, IDN Times - Polres Sleman memeriksa lima orang anggota sebagai saksi dalam kasus pelemparan botol air mineral yang mengenai Refly Harun saat acara diskusi kebangsaan di Kopi Nuri, Condongcatur, Depok, Sleman, DIY, Jumat (8/9/2023).

Polisi, selain itu juga sedang mendalami video beredar yang menampilkan sosok terduga pelaku pelempar botol.

1. Lima polisi pengamanan diskusi

Polisi Periksa Saksi Pelemparan Botol ke Refly Harun saat Diskusiilustrasi investigasi (IDN Times/Aditya Pratama)

Ardi mengatakan, kelima petugas yang diperiksa sebagai saksi merupakan anggota yang diterjunkan guna mengamankan acara diskusi kebangsaan di Kopi Nuri, Jumat kemarin.

"Karena memang pada saat itu yang ada di sekitar lokasi itu adalah anggota-anggota yang melakukan pengamanan," kata Ardi saat dihubungi, Senin (11/9/2023).

"Nanti akan kita sinkronkan, kemudian nanti diskusikan pasal-pasal apa yang akan dikenakan," sambungnya.

2. Refly belum lapor ke polisi

Polisi Periksa Saksi Pelemparan Botol ke Refly Harun saat DiskusiAcara diskusi yang menghadirkan Rocky Gerung di Sleman, Jumat (8/9/2023), diwarnai aksi penolakan. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Pemeriksaan para anggota ini, kata Ardi, adalah bagian dari proses penyelidikan yang didasarkan pada laporan model A atau dibuat oleh anggota kepolisian yang mengetahui adanya dugaan tindak pidana.

Pasalnya, pihak Refly Harun sampai sejauh ini juga belum membuat laporan kepolisian.

"Saya garisbawahi di sini penyelidikan ini adalah inisiatif dari pihak kepolisian. Karena dari beliau (Refly) sendiri belum sampai dengan saat ini belum melakukan pelaporan, tapi kita tetap membuat laporan terhadap terjadinya sebuah peristiwa," papar Ardi.

Baca Juga: Ditolak Massa, Diskusi Rocky Gerung di Sleman Diwarnai Ricuh

3. Video viral, belum mengarah ke pelaku

Polisi Periksa Saksi Pelemparan Botol ke Refly Harun saat DiskusiIlustrasi (pexels.com/Adrianna Calvo)

Ardi melanjutkan, bahwa gelar perkara hasil penyelidikan sudah dilakukan. Namun untuk apakah naik ke tingkat penyidikan atau tidak, dia belum mendapat laporan.

Di saat bersamaan, beredar sebuah video yang menampilkan sosok terduga pelempar botol air mineral. Ardi menekankan, video tersebut masih harus diuji lagi keasliannya.

"Belum (sosok terduga pelaku belum teridentifikasi). Baru proses, berproses, kan tidak semudah itu istilahnya dari potongan-potongan video yang ada kan kita gak bisa, kan bisa aja potongan video ini diedit terus diteruskan kan banyak editor-editor video," pungkas Ardi.

Baca Juga: Polisi Cari Pelempar Botor Air Mineral Refly Harun

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya