Perusahaan Otomotif Jepang Hibahkan Truk untuk Siswa SMK Kulon Progo

Lewat program CSR, HMSI ingin bantu siswa SMK Indonesia

Kulon Progo, IDN Times - Produsen Otomotif asal Jepang, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) membulatkan komitmennya untuk meningkatkan kualitas lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Tanah Air.

HMSI menggandeng sejumlah sekolah untuk berbagi ilmu menyangkut perawatan mesin kendaraan niaga diesel, baik truk maupun bus. Ditambah memfasilitasi pelatihan otomotif bagi siswa dan guru.

1. Sumbang truk Hino Ranger

Perusahaan Otomotif Jepang Hibahkan Truk untuk Siswa SMK Kulon ProgoProdusen Otomotif asal Jepang, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI). (IDN TImes/Tunggul Damarjati)

Salah satu upaya memuluskan komitmen, HMSI menghibahkan satu unit truk Hino Ranger Built Up senilai Rp750 juta kepada SMKN 2 Pengasih, Kulon Progo.

Truk seri Tractor Head ini diberikan sebagai media pembelajaran para siswa jurusan otomotif di sekolah tersebut.

"Selama ini SMK kan belajar kendaraan ringan, yaitu passenger (mobil penumpang). Nah ini untuk pertama kalinya kita kasih commercial car (mobil niaga) supaya mereka tahu komponen bus dan truk itu seperti apa," kata Masato Uchida, President Director HMSI, Jumat (6/1/2023).

2. Poles para lulusan SMK

Perusahaan Otomotif Jepang Hibahkan Truk untuk Siswa SMK Kulon ProgoProdusen Otomotif asal Jepang, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI). (IDN TImes/Tunggul Damarjati)

Lewat program CSR, HMSI memiliki keinginan kelahiran bibit-bibit unggul siap kerja yang dicetak oleh sekolah di Tanah Air. Terkhusus, memahami seluk-beluk kendaraan komersial produksi Hino Motors.

Menurut Masato, dengan SMKN 2 Pengasih dan HMSI sudah terjalin kerja sama program magang siswa. Tercatat kini ada empat siswa magang di perusahaannya.

"Febuari ini mereka selesai (magang), lalu kembali ke sekolah. Sampai lulus baru kita hire (rekrut)," klaim Masato.

Baca Juga: 6 Pesona Desa Wisata Widosari, Unggulan Kulon Progo

3. Asah kemampuan para guru

Perusahaan Otomotif Jepang Hibahkan Truk untuk Siswa SMK Kulon ProgoProdusen Otomotif asal Jepang, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI). (IDN TImes/Tunggul Damarjati)

Program pelatihan dari HMSI tak hanya untuk siswa, namun juga mencakup para pengajar atau guru di SMKN 2 Pengasih.

Kepala SMKN 2 Pengasih, Sumarno mengatakan, program pelatihan ini ditujukan untuk mendekatkan para siswa ke dunia industri lewat para pengajar yang mengantongi sertifikat kompetensi dari HMSI.

"Dengan guru-guru yang hebat bisa menghasilkan siswa yang hebat juga. Maka program magang ini jadi program kita ke depan. Sehingga apa yang diberikan ke siswa itu juga akan sesuai yang di industri, jika gurunya kompeten juga," tutur Sumarno.

Dalam program ini, SMK yang bekerja sama turut memberikan pembelajaran sesuai kurikulum mengenai pengetahuan dan perawatan mesin kendaraan niaga diesel baik itu truk maupun bus Hino.

Sebagai fasilitas belajar dan pelatihan otomotif untuk guru dan siswa, akan diberikan media praktikum berupa truk Hino dan engine cutting model untuk praktik belajar dan sinkronisasi dengan kurikulum.

HMSI telah menjalin kerja sama dengan enam SMK di beberapa daerah. Sebelumnya, 2 unit kendaraan Hino Dutro sudah diberikan kepada SMKN 2 Wonosari dan SMKN 2 Yogyakarta.

Lewat program CSR telah dihibahkan 1 unit truk Hino Dutro 125 ST kepada SMKN 1 Singosari Malang serta komponen transmisi, cylinder head, cylinder block, camshaft, connecting rod, crankshaft (5C) kepada SMK Muhamadiyah 3 Yogyakarta.

Baca Juga: 7 Kuliner Malam di Wates Kulon Progo, Angkringan sampai Kafe

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya