Comscore Tracker

7 Kuliner Malam di Wates Kulon Progo, Angkringan sampai Kafe

Kuliner di Wates, Kulon Progo, terkenal enak dan murah

Berlokasi tak jauh dari International Yogyakarta Airport, Kapanewon Wates, Kulon Progo, menghadirkan nuansa yang hangat. Tak seramai pusat kota memang, tapi soal kuliner malam di Wates tetap beragam dengan harga yang murah meriah. 

Ada angkringan sampai kafe, ini dia sederet kuliner malam di Wates yang jadi andalan kawula muda setempat buat mengisi perut atau sekadar nongkrong. Yuk, simak dan bagikan artikel berikut supaya saat menyambangi Kapanewon Wates gak perlu bingung lagi mau makan apa!

1. Sentra Kuliner Alun-alun Wates

7 Kuliner Malam di Wates Kulon Progo, Angkringan sampai Kafealun-alun wates (instagram.com/parpictures)

Selaiknya alun-alun daerah pada umumnya, Alun-alun Wates juga menjadi sentra kuliner yang lengkap. Kanan dan kiri trotoar saat malam hari disulap jadi lokasi pedagang kaki lima menjajakan berbagai makanan yang ringan sampai berat. 

Yang tergolong legendaris di sentra kuliner Alun-alun Wates adalah Soto Gobyos, Pocinan Pak Wid, dan Burjo Pak Cubung. Kalau cari makanan kekinian, kamu akan menemukan sosis bakar, krepes, sampai topokki khas Korea. 

Alamat: Jalan Bhayangkara, Terbah, Wates, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: 24 jam

2. Angkringan Mbak Ika

7 Kuliner Malam di Wates Kulon Progo, Angkringan sampai Kafeangkringan ika (instagram.com/kulinerjogjadansekitarnya)

Di Kapanewon Wates, ada satu angkringan yang cukup terkenal dan berlokasi tak jauh dari Patung Nyi Ageng Serang, namanya Angkringan Mbak Ika. Dari angkringan ini kamu bisa menikmati malamnya kota Wates yang hangat, tapi riuh dengan lalu-lalang kendaraan yang lewat. 

Spesial menu di Angkringan Mbak Ikan justru bukan nasi kucing atau aneka sate-sateannya. Melainkan kupat tahu dan wedang bajigur, loh. Seporsi kupat tahu berisikan ketupat, bakwan, tahu dan tempe bacem, kubis, dan tauge lalu disiram dengan kuah kecap yang rasanya manis legit tapi juga pedas. 

Alamat: Jalan Brigjen Katamso Nomor 13, Gadingan, Wates, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 18.00-00.00 WIB

3. Nasi Gandul Khas Pati

7 Kuliner Malam di Wates Kulon Progo, Angkringan sampai Kafenasi gandul khas pati (instagram.com/kulinerankulonprogo)

Di sepanjang depan Pasar Wates juga banyak pedagang kaki lima yang laik kamu coba, tapi yang nyaris gak pernah sepi pembeli dan kerap dijadikan lokasi nongkrong anak muda setempat yaitu Nasi Gandul Khas Pati. Lokasinya tepat di paling pojok dekat lampu merah dengan tenda sederhana. 

Sesuai namanya, menu utamanya adalah nasi gandul yang seporsinya berisi nasi, taburan bawang goreng, diberi lauk bisa telur, daging, paru, atau sekadar tahu dan tempe bacem, dan disiram kuah areh yang gurih. Meski begitu, mereka juga punya menu lain yaitu nasi sambal teri yang pedasnya nampol!

Alamat: Jalan Diponegoro Nomor 52, Wates, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 17.00-01.00 WIB

Baca Juga: 10 Kafe Jogja Buka hingga Jam 12 Malam, Nongkrong Lebih Bebas

4. Sugriwa Subali Kafe

7 Kuliner Malam di Wates Kulon Progo, Angkringan sampai Kafesugriwa subali cafe (instagram.com/sugriwasubali_cafe)

Kalau cari kuliner malam di Wates, Kulon Progo, yang sekalian nyaman untuk nongkrong kamu bisa ke Sugriwa Subali Cafe. Pasalnya kafe satu ini buka sampai tengah malam dan menyediakan beragam menu dari minuman sampai makanan berat yang beragam. 

Fasilitasnya pun terbilang lengkap, ada toilet, wifi, dan permainan seperti UNO yang bisa dipinjam. Kalau datang malam jangan kaget kalau banyak mahasiswa setempat yang sedang diskusi sampai bikin tugas di Sugriwa Subali Cafe ini. 

Alamat: Jalan Bhayangkara, Terbah, Wates, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 12.00-01.00 WIB

5. Joglo Girli Resto

7 Kuliner Malam di Wates Kulon Progo, Angkringan sampai Kafejoglo girli resto (instagram.com/joglo.girli)

Joglo Girli Resto menjadi salah satu restoran keluarga yang cukup ramai di Wates, Kulon Progo. Tempatnya bersebelahan dengan aliran sungai, tapi sayang kalau berkunjung saat malam keindahannya kurang jelas buat dinikmati karena gelap. 

Namun justru semakin malam restoran ini semakin ramai karena sering dijadikan tempat makan malam keluarga atau kerabat. Menu makanan tak beda jauh dengan masakan rumahan seperti garang asem, pepes nila, dan lain sebagainya. 

Alamat: Kembang, Margosari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 12.00-01.00 WIB

6. Toska Kahve

7 Kuliner Malam di Wates Kulon Progo, Angkringan sampai Kafetoska kahve (instagram.com/toska_kahve)

Rekomendasi tempat nongkrong di Wates yang buka sampai malam tak lain adalah Toska Kahve. Aneka kopi lokal bisa dijajal di coffee shop bergaya minimalis ini. Namun tak hanya kopi, minuman dari teh hingga mocktail juga bisa dijajal, kok. 

Buka dari pagi, biasanya pengunjung Toska Kahve terbagi atas dua kategori. Yang datang pagi sampai siang biasanya untuk work from cafe sementara yang datang sore yaitu yang mau nongkrong atau mabar dengan kelompok. 

Alamat: Jalan Bhayangkara Nomor 17, Terbah, Wates, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam operasional: setiap hari, buka pukul 08.00-23.30 WIB

7. Bakmi Jawa Mbah Atmo

7 Kuliner Malam di Wates Kulon Progo, Angkringan sampai Kafebakmi mbah atmo (instagram.com/warungbakmimbahatmo)

Ada banyak penjual bakmi Jawa di Kapanewon Wates, tapi yang legendaris adalah Bakmi Jawa Mbah Atmo dengan lokasinya tak terlalu jauh dari UNY Kampus Wates. Di sini, bakmi masih dimasak dengan cara tradisional dan satu masakan untuk satu porsi sehingga rasanya jelas terjaga. 

Menu andalannya adalah bakmi goreng dan bakmi godog. Kamu juga bisa request menggunakan bagian ayam kampung tertentu seperti paha atau sayap. Kemudian sebagai pelengkapnya, pesan teh panas gula batu yang khas. 

Alamat: Jalan Bhayangkara, Wates, Terbah, Wates, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam operasional: setiap hari, buka pukul 16.00-04.00 WIB

Meski sebuah kota kecil, kuliner malam di Wates, Kulon Prpgo tak kalah lengkap dengan daerah lainnya. Pun harga jajanan masih tergolong murah dengan cita rasa yang nikmat. Jangan lupa mampir kulineran di sini, ya!

Baca Juga: 10 Kuliner Malam dekat Tugu Jogja, Ada Soto sampai Bakmi

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya