Pencurian di Rumah Jaksa KPK, Polisi Identifikasi Pelaku

Selain laptop dan berkas, handphone juga digasak

Yogyakarta, IDN Times - Polresta Yogyakarta mengklaim telah mengidentifikasi sosok pelaku pencurian di rumah salah seorang jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Wirobrajan.

Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Idham Mahdi mengatakan, identitas terduga pelaku teridentifikasi melalui rekaman kamera pengawas yang terpasang di sekitaran TKP.

"Sudah ada identifikasi terhadap pelaku yang melakukan tindak pidana itu melalui CCTV," kata Idham, Selasa (27/12/2022).

1. Pelaku beraksi di siang hari

Pencurian di Rumah Jaksa KPK, Polisi Identifikasi PelakuIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Hanya saja, pihaknya belum bisa menyimpulkan soal jumlah pelaku maupun kendaraan yang dipakai dalam aksi pencurian ini. Proses penyelidikan bersama Ditreskrimum Polda DIY masih berjalan.

"Dari hasil olah TKP, kejadiannya itu di siang hari. Dari proses identifikasi, ada bebeberapa yang dirusak, di antaranya pintu gerbang dan pintu depan (rumah) rusak," terang Idham.

Baca Juga: Jaksa KPK Kemalingan, Laptop dan Berkas Hilang

2. Handphone juga raib

Pencurian di Rumah Jaksa KPK, Polisi Identifikasi PelakuIlustrasi pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Kapolresta melanjutkan, hasil olah TKP juga mendapati benda berharga lain selain laptop dan berkas kerja milik korban yang hilang.

"Barang yang diambil saat ini adalah laptop dan harddisk ekternal, ada juga handphone," ucap Idham.

3. Pulang kampung ke Wonogiri

Pencurian di Rumah Jaksa KPK, Polisi Identifikasi PelakuIlustrasi Roadtrip (Mudik) (IDN Times/Mardya Shakti)

Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta, AKP Archye Nevadha, menambahkan, rumah korban ketika kejadian pencurian berlangsung sedang dalam kondisi kosong. Menurutnya, korban saat itu sedang dalam perjalanannya menuju ke Wonogiri, Jawa Tengah.

"Korban itu rencananya mau pulang kampung ke daerah Wonogiri. Belum sampai Wonogiri, dikabari (rumahnya kemalingan) belum sampai Wonogiri," jelas Archye.

Menurut Archye, laptop kepunyaan korban yang hilang saat ditinggal pemiliknya tengah disimpan di dalam tas ransel dan diletakkan di kamarnya.

"Posisi laptop (yang hilang) di dalam kamar, di dalam tas. Jadi ada barang-barang kotak jam tangan yang berserakan, tapi itu (memang) kosong. Ada HP juga yang hilang," tutup Archye.

Diberitakan sebelumnya, rumah salah seorang jaksa KPK bernama Ferdian Adi Nugroho di Wirobrajan, Kota Yogyakarta diduga disatroni maling.

Peristiwa pencurian di Jalan Arjuno No.20, Wirobrajan, Kota Yogyakarta diketahui setelah seorang saksi, yakni rekan istri FAN curiga setelah melihat pintu rumah korban dalam posisi terbuka sewaktu hendak mengantarkan sebuah paket, Sabtu (24/12/2022) sekitar pukul 14.40 WIB.

Saksi lantas dimintai tolong istri FAN mengecek rumah. Dia mendapati barang-barang di sudah dalam kondisi acak-acakan. Benda berharga milik FAN setelah itu diketahui sudah hilang dari tempatnya, yakni tas ransel berisi laptop beserta berkas-berkas kerja.

Baca Juga: Jaksa KPK yang Kemalingan Tengah Tangani Kasus Haryadi Suyuti

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya