Pemda DIY Siapkan Tempat Pemakaman Khusus Pasien COVID-19

Diupayakan ada di tiap kabupaten/kota

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tengah menyiapkan tempat pemakaman khusus bagi mereka yang meninggal usai dinyatakan positif mengidap COVID-19.

Sejauh ini, ada dua lokasi yang disiapkan oleh Pemda DIY.

Baca Juga: Ini Protokol Penanganan Jenazah Pasien COVID-19 Berdasar Standar WHO

1. Diupayakan ada di masing-masing kabupaten/kota di DIY

Pemda DIY Siapkan Tempat Pemakaman Khusus Pasien COVID-19Asisten Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum Pemda DIY, Sigit Sapto Raharjo. IDN Times/Tunggul Damarjati

Asisten Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum Pemda DIY, Sigit Sapto Raharjo menyebut, pada rapat bersama jajaran Kemendagri melalui video konferensi, masing-masing daerah diinstruksikan untuk menyediakan tempat pemakaman khusus untuk pasien positif COVID-19 yang meninggal.

Sigit mengatakan, Pemda DIY telah menindaklanjuti instruksi ini bahkan sejak sebelum diminta. Meski bukan cuma soal tempat pemakaman yang dimintakan oleh pusat.

"Salah satunya menyediakan pemakaman apabila masyarakat tidak menerima (jenazah pasien COVID-19), kita sudah ada baik kabupaten di masing-masing kabupaten sudah meyiapkan," kata Sigit di Gedhong Pracimasono, Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Jumat (3/4).

2. Baru dua kabupaten yang siap

Pemda DIY Siapkan Tempat Pemakaman Khusus Pasien COVID-19Ilustrasi petugas menggunakan pakaian astronot. Dok Humas RSUP Dr Sardjito

Menurut Sigit, sepengetahuan dirinya ada dua kabupaten yang telah siap untuk penyediaan tempat pemakaman khusus ini. Yakni, kabupaten Sleman dan Bantul.

"Yang saya tahu baru Bantul sama Sleman. Sleman tadi sudah (koordinasi) langsung sama PLT Sekjen kemendagri. Yang belum tahu itu Gunungkidul, Kulon Progo sama kota (Yogyakarta). Itu yang belum tapi prinsipnya siap," urainya.

3. Di Sleman ada dua titik

Pemda DIY Siapkan Tempat Pemakaman Khusus Pasien COVID-19ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Terpisah, Penjabat (Pj) Sekda Sleman, Hardo Kiswaya menjelaskan, ada dua tempat pemakaman khusus yang disiapkan pihaknya. Ada di kawasan barat, yaitu di Kecamatan Seyegan dan timur, tepatnya Kecamatan Prambanan.

"Itu sudah kita siapkan di sana. Di Timur, itu nanti kayak PDP ataupun yang sudah pasti positif (dikebumikan) ke sana. Kalau Sleman tidak perlu khawatir pasti dimakamkan baik dihormati layaknya umat," kata Hardo.

"Berkaitan dengan orang kalau mati sudah tidak nulari penyakit. Jangan takut ngubur orang. SOP kesehatan ditaati. Teman-teman Insyaallah sehat," pungkasnya.

Baca Juga: Sejumlah Hotel di DIY Mulai Tawarkan Tempat untuk Karantina

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya