Mendag Klaim Stok Beras Aman, Harga Mulai Turun

Pemerintah tetap melanjutkan program bantuan beras

Bantul, IDN Times - Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan mengklaim stok beras di dalam negeri maupun hasil impor dalam kondisi aman. Masyarakat menurutnya tak perlu mengkhawatirkan.

 

1. Stok beras 1,6 juta ton ditambah impor 400 ribu ton

Mendag Klaim Stok Beras Aman, Harga Mulai TurunMenteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengunjungi Kantor IDN Media HQ pada Kamis (4/8/2022). (IDN Times/Herka Yanis)

Zulkifli yang akrab disapa Zulhas itu menyampaikan, Indonesia sekarang ini memiliki persediaan beras sebanyak 1,6 juta ton di gudang dan masih menunggu datangnya stok lagi sebanyak ratusan ribu ton.

"Stok kita banyak ada 1,6 juta tidak usah khawatir, lagi perjalanan 400 ribu ton jadi cukup lebih dari cukup," kata Zulhas di Universitas Ahmad Dahlan, Bantul, Minggu (17/9/2023).

 

 

2. Tetap melanjutkan program bantuan beras

Mendag Klaim Stok Beras Aman, Harga Mulai TurunWarga menunggu giliran untuk mendapatkan bantuan beras dari pemerintah. IDN Times/Imron

Dengan kondisi saat ini, Zulhas mengatakan, pemerintah masih tetap bisa melaksanakan program bantuan beras yang diserahkan untuk 21 juta KK selama bulan September, Oktober, dan November.

Kata Zulhas, masing-masing KK menerima bantuan beras sebanyak 10 kilogram. "Stoknya (total) 2 juta, jadi aman," ujar Zulhas lagi.

Baca Juga: Harga Jual Tinggi, Petani Tembakau di Selopamioro Bantul Raup Rezeki

3. Harga beras mulai turun

Mendag Klaim Stok Beras Aman, Harga Mulai TurunStok beras di Pasar Sayur Magetan

Presiden Jokowi juga sempat menuturkan jika langkah sejumlah negara yang membatasi ekspor pangan demi menyelamatkan rakyatnya masing-masing, seperti India, telah memicu kenaikan harga beras di berbagai belahan dunia.

Zulhas mengklaim saat ini harga beras di berbagai daerah Indonesia menunjukkan adanya penurunan dalam nominal berbeda.

"Sudah mulai turun beberapa tempat ada Rp500 turunnya, ada yang Rp100, ada yang baru Rp200 turunnya," tutupnya.

Baca Juga: Lumbung Mataram Gunungkidul Tingkatkan Ekonomi dan Berdayakan Warga

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya