Lagi, Densus 88 Geledah Rumah di Berbah Sleman

Jadi penggeledahan yang kedua pekan ini

Sleman, IDN Times - Densus 88 Antiteror Mabes Polri melakukan penggeledahan di sebuah rumah kontrakan, Lojisari RT 08 RW 22, Tegaltirto, Berbah, Sleman, Sabtu (3/10/2020) malam.

Penggeledahan ini merupakan yang kedua dalam pekan ini, khususnya di wilayah Berbah, Sleman setelah operasi pada 30 September 2020 lalu.

Baca Juga: Densus 88 Geledah Sebuah Rumah di Berbah Sleman

1. Amankan sejumlah barang

Lagi, Densus 88 Geledah Rumah di Berbah SlemanRumah yang digeledah oleh Densus 88 di Berbah, Sleman, 3 Oktober 2020. IDN Times/Tunggul Damarjati

Ketua RW 22 Hidron Darsono (56) menyebut penggeledahan dimulai sejak sebelum pukul 17.30 WIB. Ia diminta menjadi saksi dalam operasi ini.

Kegiatan baru selesai kurang lebih pukul 21.30 WIB. Setelah sebelumnya ada beberapa barang yang sempat diamankan.

"Barang-barang elektronik, ada HP, laptop, buku-buku. Saya tidak bisa menjelaskan secara rinci," ujarnya.

2. Satu orang ditangkap

Lagi, Densus 88 Geledah Rumah di Berbah SlemanIlustrasi teroris (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurutnya, rumah tersebut dikontrak seorang pria bersama istri dan anaknya. Informasi yang dihimpun, pria tersebut berinisial H.

"Sudah ngontrak 3-4 tahun, aslinya dari Jawa Timur," kata Hidron.

Perihal keberadaan H, Hidron tidak mengetahuinya. Namun, lanjut dia, sebelumnya memang ada sesosok pria penghuni rumah kontrakan tersebut yang ditangkap.

Akan tetapi, ia mengaku tidak mengetahui waktu dan lokasi penangkapannya.

"Yang diamankan satu orang laki-laki," ucapnya. Diamankan baru tadi tapi saya tidak tahu persis," terangnya.

Hidron pribadi tak mengenal dekat sosok H, apalagi profesinya. Hal senada disampaikan warga sekitar, termasuk salah satunya Sis.

"Orangnya saya tidak tahu persis karena jarang bersosialisasi dengan warga," kata warga yang berjualan tak jauh dari lokasi rumah yang dikontrak H ini.

Sementara Kapolres Sleman AKBP Anton Firmanto tak membantah kala dikonfirmasi soal giat penggeledahan dan pengamanan terduga teroris di wilayah Berbah. Jajarannya namun hanya mendukung kelancaran operasi Densus 88 semata.

"Ya (ada penggeledahan dan penangkapan. Polres hanya membackup pengamanan perimeter saja," kata Anton via pesan singkat.

3. Dua kali di Berbah

Lagi, Densus 88 Geledah Rumah di Berbah SlemanRumah kontrakan yang digeledah Densus 88 di Berbah, Sleman, pada 1 Oktober 2020. IDN Times/Tunggul Damarjati

Penggeledahan ini adalah yang kali kedua dalam sepekan ini, khususnya di wilayah Berbah, Sleman setelah operasi pada 1 Oktober 2020 lalu.

Saat itu, Densus 88 menggeledah sebuah rumah kontrakan di, Perum Tirta Buana Blok F no. 4, Cepor, Sendangtirto, Berbah yang dikontrak warga asal Grobogan berinisal BY.

Sehari sebelumnya, sebuah rumah kontrakan di, Ngawu, Playen, Gunungkidul juga digeledah. Rumah tersebut dihuni oleh W, seorang pria berprofesi sebagai pedagang kain beserta keluarganya.

Baca Juga: Tim Densus 88 Amankan Warga Berbah, Sleman

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya