Densus 88 Geledah Sebuah Rumah di Berbah Sleman

Polres Sleman sebatas membantu pengamanan

Sleman, IDN Times - Sebuah rumah kontrakan di Cepor, Sendangtirto, Berbah, Sleman digeledah Densus 88 Antiteror Mabes Polri, Kamis (1/10/2020).

Penggeledahan berlangsung kurang lebih 2 jam dan disaksikan Kepala Dusun Cepor, Daroji (57) sebagai saksi.

Baca Juga: Densus 88 Geledah Rumah Seorang Pedagang di Gunungkidul  

1. Sudah tinggal sekitar 1 tahunan

Densus 88 Geledah Sebuah Rumah di Berbah SlemanKepala Dusun Cepor, Daroji (57), saksi penggeledahan rumah oleh Densus 88. IDN Times/Tunggul Damarjati

Daroji mengatakan, penggeledahan dilakukan pada sebuah rumah berwarna hijau di Perumahan Tirta Buana blok F no. 4, Cepor, Sendangtirto, Berbah. Kurang lebih pukul 09.30 WIB.

"Jalan sementara tadi ditutup selama penggeledahan di rumahnya. Selama kurang lebih 2-3 jam," kata Daroji.

Rumah itu sendiri, lanjut Daroji, dikontrak seorang pria berinisial BY (32) beserta istri dan seorang anaknya. BY adalah warga Kelahiran Grobogan, Jawa Tengah yang sebelum ini tinggal di Mojopuro, Sumberlawang, Sragen.

"Sudah mengontrak kira-kira satu tahun lamanya," kata dia.

2. Ditangkap sehari sebelumnya

Densus 88 Geledah Sebuah Rumah di Berbah SlemanGaris polisi (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Sementara, sepenuturan Daroji, sosok BY tidak tampak selama penggeledahan berlangsung. Cuma istrinya seorang, sedangkan anak mereka sudah terlebih dahulu dievakuasi guna menghindari trauma.

BY, kata Daroji, sudah diamankan kemarin.

"Penangkapannya nggak di sini, di depan Rumah Sakit Dharma Yogyakarta, Gandu, Sendangtirto, Berbah, Sleman, kemarin sore," beber Daroji.

Daroji mengaku tak terlalu mengenal sosok BY, lantaran yang bersangkutan memang jarang berinteraksi atau bergaul bersama warga lainnya. Profesi BY adalah seorang karyawan swasta meski dia tak mengetahui detailnya.

"Kalau istrinya itu dosen di salah satu perguruan tinggi di Sitimulyo, Piyungan, Bantul," ungkapnya.

3. Amankan sejumlah barang

Densus 88 Geledah Sebuah Rumah di Berbah SlemanRumah kontrakan yang digeledah Densus 88 di Berbah, Sleman. IDN Times/Tunggul Damarjati

Kata Daroji, Densus 88 mengamankan sejumlah barang dari kediaman BY. Antara lain 2 unit CPU, flashdisk, buku bacaan, dan beberapa barang yang tersimpan dalam dompet, meliputi STNK, KTP, dan buku tabungan.

Terpisah, Kapolres Sleman AKBP Anton Firmanto tidak membantah soal adanya kegiatan Densus 88 di Berbah ini. Akan tetapi, katanya, pihaknya cuma membantu demi kelancaran operasi saja.

"Polres membantu pengamanan perimeter. Karena ini kewenangannya Mabes Polri ya," kata Anton ketika dihubungi.

Baca Juga: Densus 88 Geledah Rumah Seorang Pedagang di Gunungkidul  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya