Hujan Angin Rusakkan 7 Rumah Warga, dan Belasan Pohon Tumbang 

Hujan disertai angin terjadi di 5 kabupaten/kota se-DIY

Yogyakarta, IDN Times - Sebanyak tujuh rumah rusak dan belasan pohon tumbang akibat angin kencang yang terjadi di DI Yogyakarta pada Jumat (2/1) siang. 

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, peristiwa tersebut terjadi di beberapa titik di semua kabupaten/kota di DIY.

 

Baca Juga: Antisipasi Bencana, Wagub DIY Minta Warga Amankan Dokumen Penting 

1. Data kerusakan berdasarkan BPBD DIY

Hujan Angin Rusakkan 7 Rumah Warga, dan Belasan Pohon Tumbang IDN Times/Sukma Sakti

Kepala BPBD DIY, Biswara Yuswantana menyatakan kerusakan terjadi di Minggir, Godean, Moyudan, dan Gamping untuk daerah Sleman. Wilayah Kulon Progo, terjadi di Pengasih, Sentolo dan Temon.

"Kabupaten Gunungkidul melanda dua kecamatan antara lain Playen dan Patuk. Kota Yogyakarta melanda satu kecamatan di Ngampilan. Kabupaten Bantul melanda satu kecamatan di Banguntapan," ujar Biswara pada Jumat (2/1) malam. 

2. Jaringan listrik dan telepon juga rusak

Hujan Angin Rusakkan 7 Rumah Warga, dan Belasan Pohon Tumbang ilustrasi hujan/IDN TImes/Sidratul Muntaha

Selain mengakibatkan rumah rusak dan belasan pohon tumbang, BPBD DIY juga mencatat beberapa jaringan listrik juga mengalami kerusakan. 

"Akses jalan (terdampak) tujuh titik, jaringan listrik lima titik, dan jaringan telepon dua titik," jelas Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana melalui keterangannya.

3. Sudah dilakukan penanganan

Hujan Angin Rusakkan 7 Rumah Warga, dan Belasan Pohon Tumbang Kepala BPBD DIY, Biwara Yuswantana. IDN Times/Istimewa

Dijelaskan Biwara bahwa fenomena hujan disertai angin ini telah diperkirakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY, sehingga penanganan dampak bencana telah dipersiapkan oleh berbagi instansi, termasuk BPBD.

"Kami sudah melakukan penanganan bersama TNI, Polri, PMI, Relawan KP, Satlinmas, SRID, TAGANA, SAR DIY, FPRB, SAR SULTAN AGUNG, PLN, relawan dan masyarakat," pungkasnya.

Baca Juga: BPBD Bantul Tetapkan Status Siaga Darurat Banjir dan Tanah Longsor

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya