Heboh Suara Dentuman di Yogyakarta, Benarkah Sonic Boom Pesawat?

Bikin warganet penasaran

Yogyakarta, IDN Times - Warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan wilayah sekitarnya digegerkan dengan adanya suara gemuruh atau dentuman dari atas langit, Rabu (9/3/2022). Jagat media sosial pun dibuat ramai karenanya.

Baca Juga: Ngeblong Bangjo, Pikap Sayur Tabrak Pengendara Motor hingga Meninggal

1. Gemuruh hingga dentuman

Heboh Suara Dentuman di Yogyakarta, Benarkah Sonic Boom Pesawat?Ilustrasi Tugu Pal Putih Yogyakarta (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Beberapa warganet menyebut mendengar suara menyerupai gemuruh pada Rabu pagi.

"Info suara ledakan gemuruh di jogja karna apa dah?" cuit akun Twitter @flo_rentina.

Netizen lainnya mengatakan, suara dari arah langit layaknya dentuman.

"Habis dentuman terus suara gemuruh pesawat, area Magelang," tulis akun @masugi.

Ada pula yang sampai menandai akun milik Pengamat Penerbangan Alvin Lie, berharap mendapat kejelasan.

"@alvinlie21 Mohon pencerahan. Sekitar Muntilan Magelang, dan sekitar Sleman DIY tadi pagi dikejutkan dengan dentuman. Sampai pintu dan kaca bergetar. Info yg ada karena sonic boom pesawat tempur. Yang dilihat adalah pesawat latih berbaling2. Apa yg terjadi?" tulis akun @heryprasty

2. Mirip suara pesawat

Heboh Suara Dentuman di Yogyakarta, Benarkah Sonic Boom Pesawat?Pesawat Jupiter Aerobatic Team TNI AU. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Dwi Iswahyudi (29), mengaku mendengar suara itu kurang lebih pukul 10.15 WIB di langit daerah sekitar kediamannya, Turi, Sleman, DIY.

"Gembruduk terus hoer hoer. Mirip pesawat, tapi bukan (suara) pesawat komersil," katanya via WhatsApp.

Suara tersebut, menurutnya, bergerak dari arah timur ke barat. Informasi yang ia peroleh, gemuruh atau dentuman ini juga tertangkap telinga di daerah Godean, Minggir, dan Kulon Progo.

"Tapi gak kelihatan di langit," tandasnya.

3. Bukan aktivitas alam

Heboh Suara Dentuman di Yogyakarta, Benarkah Sonic Boom Pesawat?Ilustrasi Gunung Merapi . (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Sementara banyak warganet yang mengaitkan suara tersebut dengan erupsi Gunung Merapi di perbatasan DIY dan Jateng, akun Twitter resmi Dinas Komunikasi dan Informatika DIY @kominfodiy menegaskan bahwa peristiwa ini tak ada kaitannya dengan aktivitas alam.

Akun @kominfodiy turut menyertakan penjelasan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

"Terkait suara dentuman terdengar oleh sebagian besar masyarakat di DIY dan sekitarnya pada pukul ±10.00 WIB, disampaikan oleh @BPPTKG  bahwa kejadian tsb tidak berkaitan dengan #Merapi. Seismogram stasiun PUSS pukul ±10.00 tidak menunjukkan aktivitas yg signifikan," tulis akun itu.

Senada, Stasiun Meteorologi Yogyakarta International Airport (Stamet YIA) juga mengklaim tak menangkap adanya aktivitas alam saat suara ini muncul.

"Kami tidak mendeteksi adanya aktivitas alam yang mengeluarkan suara dentuman di sekitar Yogyakarta. Baik dari kegempaan maupun fenomena cuaca," kata Kepala Stamet YIA Warjono via WhatsApp, Rabu.

Warjono sendiri mengaku mendengar suara itu. Namun, yang didengarnya adalah suara gemuruh layaknya pesawat tempur yang mengangkasa, bukan semacam dentuman.

"Enggak mendengar (dentuman). Cuma kalau pesawat tempur lewat, iya mendengar," tutupnya.

Baca Juga: Syarat PCR Dihapus. Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara YIA Bakal Naik

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya