Habiskan Malam di Malioboro, Jokowi ajak Jan Ethes Ngemal

Pulang belanja naik andong

Yogyakarta, IDN Times - Melawat ke Yogyakarta, Presiden Joko Widodo menghabiskan waktu petang di kawasan Malioboro, Kamis (6/6). Sekitar pukul 19.41 WIB rombongan meninggalkan Istana Negara Yogyakarta menuju Malioboro Mal dengan menaiki mobil. 

Saat Jokowi berjalan di tangga masuk Malioboro Mal, teriakan histeris pengunjung sudah terdengar. Mereka berusaha mengabadikan kedatangannya sambil berusaha menyalami Jokowi dan keluarganya. Teriakan memanggil nama Jokowi, Kaesang dan Jan Ethes terdengar bergantian di sepanjang pintu masuk mal. 

Salah seorang pengunjung mal, Fanny, mengatakan dirinya merasa bahagia karena berhasil bersalaman dengan orang nomer satu di Indonesia.

"Wah saya senang sekali kena tangannya Pak Jokowi dan cucunya. Namun sayang tidak sempat salaman dengan anaknya, Kaesang," ujar warga Demangan, Sleman ini. 

1. Main bersama cucu

Habiskan Malam di Malioboro, Jokowi ajak Jan Ethes NgemalInstagram/humasjogja

Tiba di lantai 3, Jokowi kemudian menggendong Jan masuk ke sebuah toko mainan. Dibelikannya putra Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda itu sejumlah miniatur mobil-mobilan.

"Beli mobil-mobilan. Tiga," tutur Jan sambil digendong kakeknya.

Masih di lantai 3, mereka menuju pusat hiburan anak, Fun World. Beberapa permainan yang dijajal diantaranya bowling dan ice hockey.

Baca Juga: Bersama Jan Ethes, Jokowi Sapa Warga Yogyakarta di Lebaran Kedua

2. Pulang naik andhong

Habiskan Malam di Malioboro, Jokowi ajak Jan Ethes NgemalIDN Times/Tunggul Kumoro

Pulang dari Malioboro Mal sekitar pukul 20.30 malam, Jokowi memutuskan menumpang andong untuk kembali ke Istana Negara Yogyakarta. 

Ada 3 andong yang membawa rombongan menuju Gedung Agung. Suara histeria warga masih terdengar saat Jokowi berada di atas andong. Warga yang saling sahut memanggil, dibalas senyum dan lambaian tangan. Sekali dua kali kesempatan, ia melemparkan suvenir berupa kaos hitam bertuliskan namanya ke warga di kiri-kanan jalan.

3. Kusir andong menerima angpao dari Jokowi

Habiskan Malam di Malioboro, Jokowi ajak Jan Ethes NgemalInstagram/humasjogja

Di ujung Jalan Malioboro, Jokowi menyudahi petualangan berjalan-jalan di Malioboro. Iring-iringan andong mengantar rombongan masuk ke Istana Negara.

Tri Wahyono, kusir andong yang ditumpangi Jokowi mengaku tak pernah mengira bisa mengangkut orang nomor satu di Indonesia.

"Gak nyangka bisa bawa Presiden Indonesia. Grogi saya,  soalnya belum pernah bawa RI 1," kata pemilik kuda bernama Citut ini.

Tri Wahyono bercerita sepanjang perjalanan Jokwoi bertanya tentang jumlah andong di Jogja. "Ngomong andong di Yogya ada berapa semuanya, saya jawab 540. Semua terkoordinasi semua. Udah itu aja," akunya.

Selain itu, ia juga mendapat kenang-kenangan dari Jokowi. "Dapat kaos, kaos Pak Jokowi. Sama angpao. Kurang tahu jumlahnya, rahasia. Nggak enak. Kalau muter biasa dapat Rp 150 ribu, tapi kalau ini rahasia mas," ujarnya sambil terkekeh.

Baca Juga: Libur Lebaran Harga Ikan Laut di Pantai Depok Melonjak Tajam

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya