Bersama Jan Ethes, Jokowi Sapa Warga Yogyakarta di Lebaran Kedua

Sapa warga dan bagi-bagi kaos

Yogyakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo melawat ke Istana Negara Yogyakarta atau Gedung Agung pada hari kedua Lebaran 2019, Kamis (6/6).

Presiden yang karib disapa Jokowi itu tiba bersama iring-iringan di Gedung Agung sekitar pukul 16.14 sore menunggangi mobil Toyota Alphard hitam. Tanpa banyak babibu, rombongan pun langsung masuk ke Istana.

Baca Juga: 4 Tempat Wisata di Kota Yogya ini Bisa Dilakoni dengan Jalan Kaki

1. Tingginya antusiasme warga

Bersama Jan Ethes, Jokowi Sapa Warga Yogyakarta di Lebaran KeduaIDN Times/Tunggul Damarjati

Info kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini tampaknya sudah bocor terlebih dahulu ke kalangan publik. Sejak sekitar 3 jam sebelum Jokowi tiba, nampak warga telah memenuhi kawasan sekitar istana.

Bagaikan magnet, kabar kedatangan Jokowi itu pun tak hanya menarik antusiasme warga setempat. Namun juga turis yang tengah berwisata ke Yogyakarta. Anjar, warga Mojokerto, salah satunya.

"Tadi ini habis sama Taman Pintar sama keluarga. Jalan-jalan ke daerah Kantor Pos kok lihat ramai-ramai ada apa. Saya tanya, katanya ada Jokowi," ujar pria paruh baya itu.

Hal senada diungkapkan Indra Parwanto, wisatawan asal Kebumen. Katanya, ia sudah menanti kedatangan Jokowi sedari pukul 12.00 WIB. "Mau nunggu sampai datang," katanya sambil berdesak-desakan dengan penunggu Jokowi lainnya di jalanan timur Istana.

2. Sapa warga bersama Jan Ethes

Bersama Jan Ethes, Jokowi Sapa Warga Yogyakarta di Lebaran KeduaIDN Times/Tunggul Damarjati

Tak lama buat Jokowi untuk berlama-lama di dalam gedung setibanya di istana. Pria kelahiran Surakarta itu selang beberapa menit keluar untuk menyapa para warga yang telah menantinya sedari lama.

Namun Jokowi tidak sendirian. Ia ditemani cucu tercintanya, Jan Ethes yang tak mampu dibendung girangnya. Berlarian ke sana kemari, putra Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda itu menarik perhatian warga dan wartawan.

"Tanya Jan Ethes aja," timpal Jokowi saat ditanya wartawan perihal kunjungannya ke istana ini.

Jan Ethes yang hanya diam termangu, langsung meninggalkan para wartawan tanpa sepatah kata apa pun. Ia berlarian ke taman Istana ditemani ayahnya. Sementara Jokowi ngobrol bersama Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti.

"Selamat Idul Fitri. Mohon maaf lahir batin," ucap Jokowi sambil berjalan menjauhi wartawan.

 

3. Bagi-bagi sembako

Bersama Jan Ethes, Jokowi Sapa Warga Yogyakarta di Lebaran KeduaIDN Times/Tunggul Damarjati

Kunjungan Jokowi kali ini dibarengi acara pembagian ribuan paket sembako di Istana Negara. Bagi-bagi kebutuhan pokok ini sempat diwarnai adegan warga yang berjejal.

Melihat situasi ini, Jokowi menyempatkan diri menenangkan para penerima sembako, sembari menyapa warga di luar pagar istana. Tak berselang lama, ia lalu berjalan menuju gedung utama istana. Meninggalkan beberapa yang bersikap histeris ingin menemuinya.

Rajiman, salah seorang tukang becak penerima paket sembako mengaku sangat berterimakasih atas pemberian bantuan ini. Tak sia-sia baginya mengantre kurang lebih sejam lamanya.

"Isinya beras, minyak, atau roti ini belum saya lihat lagi isinya. Saya senang, terima kasih ini sangat membantu. Mudah-mudahan bisa membantu keluarga saya," katanya.

4. Bagikan kaos

Bersama Jan Ethes, Jokowi Sapa Warga Yogyakarta di Lebaran KeduaIDN Times/Tunggul Damarjati

Sejam lebih sedikit di dalam istana, Jokowi tiba-tiba keluar lagi untuk menyapa para warga di luar gedung. Puluhan masyarakat yang mengetahui hal ini langsung menyerbu gerbang utama istana.

Tak sekedar menyapa kali ini, suami Iriana ini ternyata juga turut membagikan kaos hitam bertuliskan namanya ke sejumlah warga. Mugiono, warga Kota Surabaya salah satunya.

"Senang banget, mas (dapet kaos). Beliau kan presiden saya. Bakal saya pakai kaos ini," katanya.

Baca Juga: Petugas Pengamat Gunung Merapi, Rela  Sendirian saat Lebaran

Topik:

  • Yogie Fadila
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya