Gara-gara Google Maps, Truk Kontainer Terjepit di Jalan Sempit

Truk tersebut nyasar ke jalan kampung di Seyegan, Sleman

Sleman, IDN Times - Sebuah truk kontainer asal Kota Semarang, Jawa Tengah nyasar masuk ke Dusun Mrincingan, Margomulyo, Seyegan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Selasa (8/3/2022) siang karena mengikuti petunjuk arah dari aplikasi Google Maps.

Bahkan, truk bernomor polisi Z 9007 KS itu sempat terjebak sempitnya jalanan di area dusun tersebut.

Baca Juga: Pria Paruh Baya Asal Sleman Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Jalan

1. Korban Google Maps

Gara-gara Google Maps, Truk Kontainer Terjepit di Jalan SempitIlustrasi Google Maps. (Pixabay.com/Tumisu)

Kapolsek Seyegan, AKP Darmana, menerangkan peristiwa ini bermula ketika truk tersebut mendapat pesanan untuk memuat barang di Kecamatan Gamping, Sleman.

Pengemudi truk, Agus Riyanto kemudian memakai aplikasi Google Maps dari Kota Semarang untuk bisa sampai ke tujuan. Namun sebaliknya, ia dan kernet malah tersasar masuk ke Mrincingan karena arahan aplikasi itu.

Truk, kata Darmana, masuk ke lokasi tersebut kurang lebih pukul 13.30 WIB. Sementara truk

"Kemarin sopirnya itu saya tanya sekitar jam 9an (malam). Loh kok bisa memasuki, (jawabnya) 'saya cuma baca google itu' masuknya sini," kata Kapolsek saat dihubungi, Rabu (9/3/2022).

Menurutnya, sopir memakai Google Maps lantaran berniat mencari jalan pintas menuju titik tujuan.

Darmana berujar, sebenarnya ada dua truk yang berangkat ke lokasi. "Yang satunya sudah sampai di wilayah Gamping. Nggak tahu Gampingnya di mana, terus itu kan yang belakangan kesasar itu masuk kampung itu," sambungnya.

2. Terjebak di jalan sempit

Gara-gara Google Maps, Truk Kontainer Terjepit di Jalan SempitTruk kontainer terjebak di jalan kampung di Dusun Mrincingan, Margomulyo, Seyegan, Sleman, pada Selasa (8/3/2022). (Dok. Polsek Seyegan)

Malangnya lagi, truk yang dikemudikan Agus Riyanto tersangkut di sebuah jalanan sempit dalam Dusun Mrincingan itu.

Lebar jalanan disebut tak mencukupi untuk truk itu agar bisa berbelok keluar dusun.

"Itu kan sampai pas jalan itu suruh putar balik sama googlenya tapi kan enggak bisa. Jalannya sangat sempit," imbuh Darmana.

3. Baru bisa dievakuasi tengah malam

Gara-gara Google Maps, Truk Kontainer Terjepit di Jalan SempitTruk kontainer terjebak di jalan kampung di Dusun Mrincingan, Margomulyo, Seyegan, Sleman, pada Selasa (8/3/2022). (Dok. Polsek Seyegan)

Darmana melanjutkan, truk tersebut dengan bantuan warga setempat akhirnya bisa dievakuasi dari jalanan sempit itu sekitar pukul 23.30 WIB.

"Jam setengah 12 malam atau jam 1 (dini hari) itu sudah mundur pelan-pelan. Dibantu sama masyarakat sekitar situ," tutur Kapolsek.

Berkaca dari kejadian ini, pihaknya mengimbau agar para pengemudi kendaraan besar melakukan survei rute atau jalanan yang akan dilalui terlebih dahulu.

"Seharusnya survei dulu sebelum memasuki rute jalan itu kalau lihat situasi jalan sudah sempit kan harusnya kernetnya survei dulu. Kira-kira jalan gimana, bisa masuk enggak. Kalau kendaraan sebesar itu kok kayaknya memaksakan gitu loh. Itu korban google maps juga bisa itu," pungkasnya.

Baca Juga: PPKM Level 4, Sleman Tak Lakukan Pengetatan Aktivitas Warga

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya