Comscore Tracker

Empat Hari Libur Lebaran, DIY Diserbu 1,3 Juta Wisatawan

Sleman jadi daerah paling favorit

Yogyakarta, IDN Times - Tingkat kunjungan wisatawan ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama libur lebaran 2019 kemarin meningkat dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo menyebut angka kunjungan selama libur lebaran naik antara 15-20 persen. Meski durasinya lebih pendek ketimbang tahun 2018. 

"Kalau dibanding tahun lalu tentu libur lebaran setelah hari H lebaran lebih banyak tahun lalu, yaitu 6 hari. Kalau yang sekarang hanya 4 hari pada saat kita bicara tentang liburan atau cuti bersama yang diterapkan pemerintah. Tapi dari sisi spending money dan jumlah wisatawan meningkat jauh," kata Singgih saat dijumpai di kantornya, Rabu (12/6).

Baca Juga: Ini Sejarah 3 Tempat Tujuan Wisata Presiden Jokowi di Yogyakarta

1. Jumlah wisatawan tembus 1,3 juta

Empat Hari Libur Lebaran, DIY Diserbu 1,3 Juta WisatawanIDN Times/Daruwaskita

Menurut informasi yang dipaparkan Singgih, DIY selama empat hari libur lebaran lalu diserbu setidaknya 1.320.882 wisatawan. Dari 5 kabupaten/kota yang ada, Sleman menjadi daerah penyumbang wisatawan terbanyak, yakni 481.959 kunjungan.

Lalu, disusul Kabupaten Bantul dengan 423.359 kunjungan, Gunungkidul 225.874 kunjungan, Kulon Progo 96.738 kunjungan, dan Kota Yogyakarta, 92.952 kunjungan. "Data yang kami terima, paling banyak dikunjungi adalah Pantai Parangtritis. Isu ubur-ubur tak menyurutkan minat wisatawan," terangnya.

Pantai Parangtritis di Bantul sendiri mencetak 272.900 wisatawan. Kemudian yang terbanyak kedua adalah Kawasan Lereng Gunung Merapi, tepatnya Kaliurang dan Kaliadem dengan 175.451 kunjungan. Lalu kombinasi Wahana Rekrekasi Keluarga di Sleman, macam Sindu Kusuma Edupark, Jogja Bay Waterpark, dan Taman Alamanda, sejumlah 114.140 kunjungan.

"Ada destinasi yang agak menurun, tapi ada yang kemudian bertambah. Bisa terpengaruh aksesibilitas atau perubahan tren, seperti Mangunan itu turun 20-30 persen karena pertama tren. Juga ada road barrier di Patuk yang agak panjang," paparnya.

Adapun kenaikan kunjungan dikarenakan adanya variasi baru pada suatu destinasi, macam Gunung Merapi. Status waspada sama sekali tak menyurutkan minat berkunjung. Malah banyak yang kemudian berfoto dengan latar belakang guguran lava pijar.

Baca Juga: Ini Syarat dan Cara Pendaftaran SBMPTN 2019

2. Mahalnya tiket pesawat jadi penunjang

Empat Hari Libur Lebaran, DIY Diserbu 1,3 Juta WisatawanIDN Times/Tunggul Kumoro

Singgih pun membeberkan salah satu faktor mengapa jumlah kunjungan wisata bisa meningkat meski durasi lebih pendek. Yakni, menurutnya dikarenakan mahalnya tiket pesawat terbang yang sudah berlangsung sejak akhir tahun lalu.

"Berkaitan dengan penurunan di pintu gebang di bandara Adi Sucipto memang ada penurunan. Ada sekitar 20-25 persen dengan jumlah secara total dibanding tahun lalu. Itu karena tiket yg mahal," paparnya.

Kondisi ini kian didukung dengan adanya Tol Trans Jawa yang memicu wisatawan berbondong-bondong ke DIY menumpang transportasi darat. "Dan itu bisa menambahkan jumlahnya, tadinya satu mobil niatannya pakai pesawat tapi lalu pakai mobil. Tadinya 2 orang akhirnya jadi nambah."

3. Destinasi wisata di Kota Yogyakarta masih dikunjungi sampai detik ini

Empat Hari Libur Lebaran, DIY Diserbu 1,3 Juta WisatawanIDN Times/Febriana Sinta

Sementara untuk tingkat kunjungan di Kota Yogyakarta meski menjadi yang terendah yaitu hanya  92.952 kunjungan, namun ada kemungkinan angkanya masih terus bertambah sampai saat ini.

Alasannya adalah masih berlangsungnya periode libur sekolah hingga beberapa hari ke depan. "Destinasi dalam kota magnetnya masih luar biasa, apalagi penataan Malioboro sudah selesai. Sampai sekarang pun kita masih mendapati antrean yang cukup panjang," ujarnya.

Momen libur sekolah inilah yang kemudian membuat adanya perpanjangan periode kunjungan di kawasan kota. "Saya lihat masih cukup banyak ada di Jogja," pungkasnya.

Baca Juga: Pemprov DIY Terus Godok Uji Coba Malioboro Bebas Kendaraan Bermotor 

Topic:

  • Febriana Sintasari
  • Yogie Fadila

Just For You