Densus 88 Geledah Rumah dan Pondok Pesantren di Berbah Sleman

Ada tiga bangunan yang digeledah

Sleman, IDN Times - Jajaran Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri menggelar sejumlah operasi penggeledahan di Kabupaten Sleman, DIY, Jumat (2/4/2021) malam.

Ada tiga bangunan yang diketahui menjadi sasaran penggeledahan di Berbah, Sleman.

Baca Juga: Densus 88 Antiteror Tangkap Seorang Terduga Teroris di Bantul

1. Geledah rumah warga

Densus 88 Geledah Rumah dan Pondok Pesantren di Berbah SlemanIlustrasi. Garis polisi (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Operasi penggeledahan di Sleman menyasar rumah warga berinisial H. Lokasinya di RT 06 RW 05, Dawukan, Sendangtirto, Berbah, Sleman. Giat disaksikan oleh Ketua RW setempat, Kadiyono.

Kadiyono mengaku diminta menjadi saksi sekitar sehabis Maghrib.

"Kalau mulainya, kurang tahu saya. Datang-datang kok sudah banyak polisi dan laporan yang saya terima ada Densus 88 di rumah itu," kata dia saat ditemui di rumahnya, Jumat malam.

Meski demikian, ia sempat menyaksikan ketika Densus mengambil beberapa barang dari rumah H.

"Yang dibawa setahu saya ada buku-buku, lalu kaya ada senjata pedang kayanya," ungkapnya.

2. H tidak terlihat selama operasi

Densus 88 Geledah Rumah dan Pondok Pesantren di Berbah SlemanOperasi penggeledahan yang dilakukan Densus 88 Antiteror Mabes Polri di Berbah, Sleman, Jumat (2/4/2021). IDN Times/Tunggul Damarjati

Sementara, sosok H sendiri tak nampak selama jalannya penggeledahan. Informasi yang diterimanya, H sudah terlebih dulu ditangkap.

"Kalau informasi yang saya terima (H) sudah dibawa," bebernya.

Mengenai sosok H sendiri, menurut Kadiyono, tidak tercatat sebagai warga
Sendangtirto.

"Tapi kalau pekerjaannya saya gak tahu. Dia itu KTP-nya Tegaltirto, (Berbah), tapi setahu saya tinggal di situ (Sendangtirto) sejak kecil," rincinya.

Mengagetkan kala dia mengenal H sebagai sosok yang biasa-biasa saja. Memiliki seorang istri dan tiga orang anak, pribadi H tidak tertutup atau mencurigakan. Interaksi wajar dan beberapa kali ikut kegiatan sosial.

"Tapi, kalau pekerjaannya saya gak tahu," tandasnya.

3. Geledah ponpes

Densus 88 Geledah Rumah dan Pondok Pesantren di Berbah SlemanPondok Pesantren (ponpes) Ibnul Qoyyim di Sendangtirto, Berbah, Sleman. IDN Times/Tunggul Damarjati

Densus 88 mengakhiri operasi di rumah H dan bergerak ke sasaran berikutnya, yakni Pondok Pesantren (ponpes) Ibnul Qoyyim di RT 04 RW 07 Gandu, Sendangtirto, Berbah, Sleman. Kurang lebih pukul 19.28 WIB.

Adalah Agus Purwanto, Ketua RT 04 yang diminta menjadi saksi operasi penggeledahan itu.

"Mulainya dari habis Isya, sampai setengah 10-an (malam)," katanya ketika dijumpai di kediamannya, Jumat.

Agus berujar, pemeriksaan di ponpes dilakukan di beberapa area. Meliputi ruang perkantoran, ruang direktur, dan ruang tata usaha.

"Ruang inap tidak, asrama (santri) tidak," ucap Agus.

Menurut kesaksian Agus, kediaman direktur ponpes yang berlokasi di seberang Ibnul Qoyyim juga digeledah. Dari kedua tempat itu jajaran mengangkut sejumlah barang.

"Ada laptop, CPU semua dengan komputer, buku-buku yang banyak, dengan buku tabungan. Terus anak panah dua, dengan busurnya. Kayaknya dari rumah tadi," urai Agus.

Sosok direktur ponpes berinisial AT nampak selama jalannya penggeledahan, sementara suaminya yang berinisial NA tidak terlihat di pandangan Agus.

4. Tak ada aktivitas mencurigakan

Densus 88 Geledah Rumah dan Pondok Pesantren di Berbah SlemanRumah direktur ponpes Ibnul Qoyyim di Sendangtirto, Berbah, Sleman, yang digeledah Densus 88. IDN Times/Tunggul Damarjati

Agus pribadi menilai tak ada sesuatu yang mencurigakan dari ponpes tersebut. Berdasarkan keterangannya, ini juga kali pertama bagi Ponpes Ibnu Qoyyim diperiksa petugas.

"Ponpes sudah lama sejak 83 atau 84, ada dua bangunan. Kalau yang di sini khusus santri putri," tutupnya.

Baca Juga: Geledah Rumah Terduga Teroris di Bantul, Densus 88 Temukan Peluru 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya