Bupati Sleman Positif, Ratusan Di-swab Antigen dan 8 Orang Positif

Disdukcapil diduga jadi sumber penular virus

Sleman, IDN Times - Bupati Sleman Sri Purnomo atau yang kerap disapa SP mengumumkan dirinya terpapar COVID-19, Kamis (21/1/2021) kemarin.

Gerak cepat pun dilakukan demi mencegah penyebaran virus lebih luas.

Baca Juga: Alami Batuk dan Suhu Badan Naik, Bupati Sleman Positif COVID-19 

1. Ratusan orang jalani rapid test dan swab antigen

Bupati Sleman Positif, Ratusan Di-swab Antigen dan 8 Orang PositifIlustrasi petugas medis melakukan rapid tes antigen COVID-19 (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Sekda Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya menjelaskan, berdasarkan penelusuran kontak, ada beberapa orang yang masuk dalam golongan kontak erat dengan SP. Ditambah sebagian lagi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman.

Mereka lantas diminta menjalani rapid test dan swab antigen.

"Ada 138 orang yang dilaksanakan rapid test dan swab antigen. Sebanyak delapan orang positif," kata Harda saat dikonfirmasi lewat melalui pesan singkat, Jumat (22/1/2021).

Sepenuturan Harda, delapan orang tersebut antara lain tujuh karyawan Disdukcapil Sleman dan satu orang staf Rumah Dinas Bupati Sleman.

2. Alasan menyasar Disdukcapil

Bupati Sleman Positif, Ratusan Di-swab Antigen dan 8 Orang PositifSekretaris Daerah Sleman, Harda Kiswaya. IDN Times/Siti Umaiyah

Harda berujar, penelusuran kontak ini sengaja mengincar instansi Disdukcapil. Pasalnya, dari OPD inilah dugaannya ada sumber penular virus kepada SP.

Harda juga menyebut dari instansi ini sebelumnya ada tiga orang yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Tracing ini untuk yang beberapa hari ini kontak dengan pak Bupati dan untuk menanggapi beberapa rekan kami yang di Disdukcapil. Karena ada tiga orang yang terpapar COVID-19, oleh karena itu perlu dilakukan tracing agar diketahui penyebaran Corona di sekitar Dukcapil," paparnya.

SP sendiri, menurut Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo kemarin, sempat bertemu dengan salah seorang pimpinan OPD. Pimpinan OPD itu menghadap ke ruangan SP pada Senin 18 Januari 2021.

Sementara pimpinan OPD itu masuk dalam daftar pemilik riwayat kontak erat anak buahnya yang positif swab antigen. Pimpinan OPD itu akhirnya dinyatakan positif COVID-19 di hari yang sama dengan SP.

3. Awak media tak luput dari tracing kontak

Bupati Sleman Positif, Ratusan Di-swab Antigen dan 8 Orang PositifIlustrasi Jurnalis (IDN TImes/Arief Rahmat)

Harda melanjutkan, penelusuran kontak dan skrining kesehatan menyasar para pegawai instansi Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman. Beserta para wartawan yang sempat meliput giat SP beberapa hari sebelum dinyatakan terpapar COVID-19.

"Pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman dan wartawan dinyatakan negatif seluruhnya," pungkas Harda.

Baca Juga: Bupati Sleman Positif COVID, Dinkes: Tak Ada Hubungan dengan Vaksin

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya