Bupati Sleman Positif COVID, Dinkes: Tak Ada Hubungan dengan Vaksin

Bupati Sleman sampaikan informasi melalui Instagram 

Sleman, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo menegaskan kasus positif COVID-19 yang terjadi pada Bupati Sleman, tidak berhubungan dengan vaksinasi yang diberikan pada Kamis (14/1/2021) lalu.

Menurut Joko hal ini merupakan sebuah kebetulan Bupati Sleman, Sri Purnomo positif COVID-19 seminggu setelah menjalani program vaksinasi.

"Bukan positif gara-gara vaksin. Tapi kebetulan saja seminggu lalu vaksin dan hari ini positif," ungkapnya pada Kamis (21/1/2021).

1. Vaksin pertama belum memberikan efek

Bupati Sleman Positif COVID, Dinkes: Tak Ada Hubungan dengan VaksinKepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastaryo. IDN Times/Siti Umaiyah

Joko mengungkapkan untuk suntikan pertama vaksin Sinovac yang diberikan ke Bupati Sleman pada minggu lalu, belum memberikan efek kekebalan. Menurutnya untuk bisa mendapatkan kekebalan seseorang harus mendapatkan suntikan kedua.

"Jika baru diberikan satu kali belum memberikan efek kekebalan atau pembentukan antibodi belum memadai. Jadi harus dilakukan booster atau suntikan kedua setelah dua minggu, maka kekebalan akan terbentuk," katanya.

Baca Juga: Alami Batuk dan Suhu Badan Naik, Bupati Sleman Positif COVID-19 

2. Suntikan kedua rencananya dilakukan pada 28 Januari

Bupati Sleman Positif COVID, Dinkes: Tak Ada Hubungan dengan VaksinLaunching program vaksinasi di Kabupaten Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Joko saat ini kondisi Bupati dalam keadaan baik. Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan pneumonia pada paru-parunya.

Menurut Joko sebelum dinyatakan positif COVID-19, Bupati Sleman dijadwalkan menjalani suntikan kedua pada 28 Januari 2021 mendatang.

"Ancer-ancernya tanggal 28 Januari tetapi menunggu kepastian vaksin," terangnya.

3. Jalani isolasi di rumah dinas

Bupati Sleman Positif COVID, Dinkes: Tak Ada Hubungan dengan VaksinBupati Sleman Sri Purnomo. Dok: Humas Sleman

Hari ini Bupati Sleman menjelaskan dirinya terkena COVID-19 melalui akun Instagram pribadinya. Sri Purnomo mengatakan saat ini kondisi tubuhnya sehat dan tidak menunjukkan gejala apapun.  Namun sebelumnya dirinya sempat mengalami batuk dan suhu badannya mencapai 37,6 derajat.

"Kondisi kesehatan saya hari ini alhamdulilah 100 persen sehat dan tidak menunjukkan gejala penyakit apapun. Saya saat ini sedang menjalankan isolasi mandiri di Rumah Dinas dan tidak di rumah sakit dikarenakan kondisi badan saya tidak menunjukkan gejala apapun," paparnya.

Baca Juga: Kasus Baru COVID Masih Tinggi, DIY Siap Perpanjang PTKM  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya