Bayi Berumur 4 Bulan di Kulon Progo Sembuh dari COVID-19  

Tiga pasien dinyatakan sembuh dari corona 

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan data terkini kasus pasien positif tertular corona (COVID-19).

Informasi terbaru per Sabtu, 4 April sebanyak 3 pasien sembuh, dan terdapat tiga kasus baru di wilayah DIY.

 

 

 

Baca Juga: Keluarga Kurang Peduli, Balita dan Anak-Anak Jadi Korban COVID-19

1. Jumlah pasien sembuh menjadi 6 orang

Bayi Berumur 4 Bulan di Kulon Progo Sembuh dari COVID-19  Ilustrasi isolasi mandiri. Pexels.com/cottonbro

Juru Bicara Pemda DIY untuk penanganan COVID-19 Berty Murtiningsih menerangkan, adanya penambahan tiga pasien sembuh, artinya secara kumulatif terdapat 6 orang di DIY yang dinyatakan pulih dari corona.

Sebelumnya, pada Sabtu (3/4), Gugus Tugas Penanganan COVID-19 baik di level provinsi maupun kabupaten/kota telah mengumumkan kesembuhan tiga orang pasien.

Secara berurutan 6 pasien dinyatakan sembuh yakni kasus nomor 1, pasien balita umur tiga tahun warga Kota Yogyakarta. Kemudian, kasus nomor 3 dengan pasien lansia berumur 60 tahun juga warga Kota Gudeg. Terakhir, kemarin seorang perempuan berusia 30 tahun yang punya riwayat bepergian ke Tangerang, Banten, dilaporkan sembuh. Dia adalah pasien untuk kasus nomor 5.

2. Hasil 2 kali swab, tiga pasien dinyatakan sembuh

Bayi Berumur 4 Bulan di Kulon Progo Sembuh dari COVID-19  Unsplash

Sebanyak 3 pasien juga dinyatakan sembuh dari corona, salah satunya adalah seorang bayi berusia 4 bulan.  

"Kabar gembira pada hari ini juga telah diperoleh Laporan Hasil Uji dari BBTKLPP, sehingga bisa dinyatakan sembuh terhadap 3 kasus positif covid 19," paparnya.

Mereka yang telah menjalani uji lab dan dua kali dinyatakan negatif corona, antara lain kasus 4 dengan pasien laki-laki warga Bantul berumur 50 tahun. Ia merupakan pasien dari RSUD Panembahan Senopati, Bantul.

Berikutnya adalah kasus nomor 9 dengan pasien balita usia 4 bulan asal Kulon Progo yang ditangani RSUD Wates sejak pertengahan Maret.

Selanjutnya, yakni kasus nomor 11 dengan pasien laki-laki berusia 55 tahun. Dia adalah warga Gunung Kidul yang dirawat di RSUD Wonosari.

 

3. Total positif corona di DIY sebanyak 34 kasus

Bayi Berumur 4 Bulan di Kulon Progo Sembuh dari COVID-19  Petugas ambulans dengan pakaian pelindung tiba bersama seorang pasien di Rumah Sakit Severo Ochoa di tengah wabah virus corona (COVID-19) di Leganes, Spanyol, Kamis (26/3). ANTARA FOTO/REUTERS/Susana Vera

Berty Murtiningsih menyatakan tiga kasus baru positif COVID-19, berdasarkan uji laboratorium di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes).

"Jadi total kasus konfirmasi positif COVID-19 di DIY hari ini sebanyak 34 kasus," kata Berty. 

Ketiganya diklasifikasikan ke dalam kasus nomor 33 - 35. Meski secara kumulatif hanya ada 34 kasus, mengingat ada satu pasien yang ditarik ke daerah aslinya. Yaitu, Kebumen, Jawa Tengah.

Berty pun merinci, identitas ketiga pasien tersebut antara lain, kasus 33, pasien laki-laki warga Bantul berumur 33 tahun sebagai pemilik hasil lab di BBTKLPP.

Dua pasien yang diidentifikasi oleh Litbangkes sementara itu adalah kasus 34 dan 35. Keduanya berjenis kelamin laki-laki, warga Kabupaten Bantul dan Sleman. Masing-masing berumur 30 dan 60 tahun.

 

Baca Juga: 10 Dampak Penghapusan UN Versi Netizen, Hasilnya Bikin Terpingkal!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya