Vaksinasi Usia 12-17 Tahun, Dinkes Sleman Tunggu Kebijakan Pemda DIY 

Target vaksinasi di Sleman mencapai 120 persen

Sleman, IDN Times - Dinas Kesehatan Sleman masih menunggu kebijakan pemberian vaksinasi COVID-19 bagi anak-anak usia 12-17 tahun.  

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo  mengatakan pihaknya sempat meminta izin untuk dapat melonggarkan sasaran kepada usia di bawah 50 tahun, bahkan untuk 12-17 tahun. Namun kebijakan dari pusat menyarankan agar vaksinasi harus merata terlebih dahulu di seluruh Indonesia. 

"Tapi dijawab vaksinasi ini harus merata dulu untuk seluruh Indonesia. Untuk yang terlanjur cepat seperti Sleman ini ya harus bersabar dulu, menunggu vaksinasi daerah lain," terangnya pada Kamis (1/7/2021). 

 

1. Mulai Juli, Sleman kembali gunakan vaksin jenis Sinovac

Vaksinasi Usia 12-17 Tahun, Dinkes Sleman Tunggu Kebijakan Pemda DIY Ganjar Pranowo melihat vaksin Sinovac yang disimpan di gudang Dinkes Semarang. Dok Humas Pemprov Jateng

Mulai 1 Juli 2021, pemberian vaksinasi di Sleman kembali menggunakan jenis vaksin Sinovac. Sementara untuk usia 12-17 tahun, direncanakan akan gunakan vaksin jenis yang sama.

"Dimungkinkan usia 12-17, menggunakan Sinovac yang sudah diuji klinis. Hanya kita belum ada komando, harus kompak dengan daerah lain," katanya.

Baca Juga: RS di Sleman Penuh, 41 Orang Meninggal saat Jalani Isoma 

2. Stok vaksin Sleman mencukupi untuk suntikan kedua

Vaksinasi Usia 12-17 Tahun, Dinkes Sleman Tunggu Kebijakan Pemda DIY Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Joko mengatakan saat ini Sleman miliki stok vaksin jenis Sinovac sejumlah 62.090 dosis dan jenis AstraZeneca sejumlah 5.370. Stok tersebut diperkirakan akan mampu mengakomodir suntikan dosis kedua bagi sasaran yang telah menerima dosis pertama sebelumnya.

"(Sebelumnya) sisa 4.730 , kami masih agak was-was karena vaksin Sinovac cukup banyak yang belum dilakukan. Sehingga kita mengajukan hari Jumat yang lalu itu, Senin turun 57.360. Kami yakin mencukupi untuk dosis kedua," paparnya.

3. Target vaksin di Sleman mencapai 120 persen

Vaksinasi Usia 12-17 Tahun, Dinkes Sleman Tunggu Kebijakan Pemda DIY Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastaryo. (IDN Times/Siti Umaiyah)

Saat ini cakupan vaksinasi di Kabupaten Sleman telah melebihi target awal yaitu  mencapai 120 persen. Joko Hastaryo menyatakan vaksinasi tersebut telah menyasar tenaga kesehatan, lansia serta berbagai pekerja publik.

Baca Juga: Bantul Zona Merah, Pengawasan Penyembelihan Hewan Kurban Diperketat  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya