UGM Selenggarakan Wisuda dalam Bentuk Daring dan Luring

Selamat ya, buat kamu yang ikut!

Sleman, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar wisuda daring dan luring bagi mahasiswa Program Pascasarjana pada Rabu (21/10/2020).

Untuk wisuda daring disiarkan secara telekonferensi melalui aplikasi Zoom dan live streaming di laman Youtube UGM. Sedangkan untuk wisuda luring diadakan di Halaman Balairung dengan pembatasan peserta yang hanya diikuti perwakilan wisudawan sebanyak 20 orang, rektor, wakil rektor, dekan, dan jajaran pimpinan UGM.

Baca Juga: Mata Tetap Sehat saat WFH, Dokter RSA UGM Bagikan Metode 20-20-20 

1. Penyelenggaraan wisuda sempat tertunda

UGM Selenggarakan Wisuda dalam Bentuk Daring dan LuringUGM selenggarakan wisuda daring dan luring. Dok: Humas UGM

Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono, mengatakan pelaksanaan wisuda di UGM kali ini digelar secara berbeda akibat pandemik COVID-19. Dia menjelaskan, sebelumnya penyelenggaraan wisuda sempat tertunda beberapa waktu.

"Kebijakan ini diambil sebagai upaya untuk menekan mata rantai penyebaran virus corona baru dan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan diri serta orang-orang di sekitar," ungkapnya pada Rabu (21/10/2020).

2. Wisuda diikuti wisudawan 3 periode

UGM Selenggarakan Wisuda dalam Bentuk Daring dan LuringUGM selenggarakan wisuda daring dan luring. Dok: Humas UGM

Wisuda program pascasarjana periode I Tahun Akademik 2020/2021 di bulan Oktober 2020 ini sekaligus diikuti oleh wisudawan dari periode III Tahun Akademik 2019/2020 atau wisuda bulan April 2020 dan wisudawan periode IV Tahun Akademik 2019/2020 atau wisuda bulan Juli 2020.

Untuk wisuda periode III Tahun Akademik 2019/2020 UGM diikuti 1.113 wisudawan. Lalu pada periode IV Tahun Akademik 2019/2020 ada sebanyak 539 wisudawan. Serta pada periode I Tahun Akademik 2020/2021 ini, terdapat 1.356 wisudawan.

“Kondisi ini memang tidak ideal dan mungkin juga tidak sesuai dengan harapan saudara-saudara sekalian. Namun ini tidak mengurangi makna dan penghargaan atas perjuangan yang telah saudara lalui di kampus,” terangnya.

3. Wisudawan diharapkan ambil peran dalam penanganan COVID-19

UGM Selenggarakan Wisuda dalam Bentuk Daring dan LuringUGM selenggarakan wisuda daring dan luring. Dok: Humas UGM

Dalam kesempatan tersebut, Panut berharap para wisudawan yang telah diwisuda hari ini dapat turut mengambil bagian dalam upaya-upaya kreatif untuk mengatasi pandemik yang diyakini dampaknya akan masih dirasakan hingga beberapa tahun mendatang.

"Sebagai alumni UGM, membawa mandat untuk menggunakan ilmu  yang dimiliki untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kepentingan rakyat dan memajukan Indonesia," paparnya.

Baca Juga: Psikiater UGM Minta Waspadai Persoalan Kesehatan Mental Saat Pandemik 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya