Mata Tetap Sehat saat WFH, Dokter RSA UGM Bagikan Metode 20-20-20 

Mata pun juga butuh istirahat

Sleman, IDN Times - Bekerja dan menghabiskan waktu di depan laptop, merupakan gaya hidup baru saat pandemik COVID-19.

Tak hanya orang dewasa, anak sekolah pun mau tak mau melakukan hal yang sama saat sekolah online.  Padahal menatap layar laptop atau komputer dan gadget dalam jangka waktu lama akan menyebabkan mata cepat lelah, kering bahkan terasa nyeri.

Dokter Spesialis Mata Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, dr. Tri Winarti membagikan tip agar kesehatan mata terjaga selama melakukan kegiatan virtual. Berikut tip yang bisa dilakukan.

1. Terapkan metode 20-20-20

Mata Tetap Sehat saat WFH, Dokter RSA UGM Bagikan Metode 20-20-20 Pexels/Andrea Piacquadio

Winarti mengatakan tip pertama menggunakan metode 20-20-20. Metode ini menatap layar selama 20 menit kemudian seseorang bisa mengalihkan pandangan ke benda berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik. 

“Jadi setiap 20 menit melihat layar, pandangan mata dialihkan melihat objek sejauh 20 kaki selama 20 detik untuk relaksasi mata. Buat reminder (pengingat) seperti catatan di tempel di komputer atau alarm agar tidak lupa mengimplementasikannya,” ungkapnya pada Selasa (20/10/2020).

Baca Juga: Psikiater UGM Minta Waspadai Persoalan Kesehatan Mental Saat Pandemik 

2. Atur cahaya pada layar

Mata Tetap Sehat saat WFH, Dokter RSA UGM Bagikan Metode 20-20-20 Unsplash.com/John Schnobrich

Tips kedua yakni melakukan pengaturan tingkat kecerahan pada layar. Winanti mengatakan kecerahan pada layar diatur agar tidak terlalu terang dan gelap. 

“Pencahayaan sebaiknya jangan terlalu terang atau terlalu redup. Atur kecerahan layar agar nyaman saat digunakan misalnya pada tingkat 50 persen,” terangnya.

3. Atur suhu ruangan

Mata Tetap Sehat saat WFH, Dokter RSA UGM Bagikan Metode 20-20-20 pixabay.com

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan yakni mengatur cahaya ruangan. Pastikan ruangan yang digunakan memiliki pencahayaan yang baik.

"Selain cahaya, atur kecepatan fan speed pada AC atau kipas angin tidak terlalu kencang dan hindari posisi hembusan angin ke arah wajah supaya mata tidak kering," paparnya.

Baca Juga: Geolog UGM Imbau Masyarakat Tidak Panik dengan Kajian Potensi Gempa

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya