Comscore Tracker

Tim SEMAR UGM Sabet 3 Penghargaan Ajang Kontes Mobil Hemat Energi 2020

Kontes ini diselenggarakan oleh Kemenristekdikti dan UI

Sleman, IDN Times - Tim SEMAR Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali memborong penghargaan, kali ini dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2020 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dengan Universitas Indonesia.

Dalam kontes yang digelar pada 15 Oktober hingga 30 November 2020 ini, Tim SEMAR UGM memboyong tiga penghargaan dari pengembangan dua mobilnya, yakni Semar Urban dan Semar Proto.

Baca Juga: Peringkat 57 Universitas Terbaik Se-Asia, UGM Ungguli UI dan ITB 

1. Semar Proto dilengkapi controller super efisien

Tim SEMAR UGM Sabet 3 Penghargaan Ajang Kontes Mobil Hemat Energi 2020Mobil besutan Tim SEMAR UGM. Dok: istimewa

Pembimbing Tim SEMAR, Dr. Jayan Sentanuhady, mengatakan untuk Semar Urban merupakan mobil kategori urban yang cenderung mirip dengan common city car beroda 4 dengan bahan bakar bensin dan memiliki posisi berkendara yang ergonomis.

"Sedangkan untuk Semar Proto merupakan mobil pada kategori prototipe bermotor listrik berdaya rendah dengan controller super efisien," ungkapnya pada Rabu (2/12/2020).

2. Raih 3 kategori penghargaan

Tim SEMAR UGM Sabet 3 Penghargaan Ajang Kontes Mobil Hemat Energi 2020Tim SEMAR UGM. Dok: istimewa

Jayan mengungkapkan, setelah melewati tahap seleksi, kedua mobil Tim SEMAR UGM dinyatakan lolos untuk menjadi finalis KMHE 2020. Di mana Semar Urban lolos kategori urban sedangkan Semar Proto lolos kategori prototipe.

Lalu, pada saat closing ceremony diumumkan bahwa tim SEMAR UGM berhasil memperoleh beberapa gelar juara, yakni juara 3 kategori urban, kriteria perancangan bodi dan sasis untuk Semar Urban.

"Sedangkan Semar Proto memperoleh juara 2 dan juara 3 untuk kategori prototipe dengan masing-masing kriteria model desain kendaraan dan kriteria perancangan bodi dan sasis," terangnya.

3. Berlaga dengan 110 tim lain dari 74 perguruan tinggi

Tim SEMAR UGM Sabet 3 Penghargaan Ajang Kontes Mobil Hemat Energi 2020Tim Semar UGM. Dok: Humas UGM

Jayan menjelaskan, KMHE sendiri merupakan ajang perlombaan kendaraan hemat energi rancangan mahasiswa yang terbuka untuk berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Di tahun ini, KMHE diikuti 110 tim dari 74 perguruan tinggi.

"Mereka berlaga pada dua kategori yaitu urban dan prototipe," paparnya.

Baca Juga: UGM Dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Paling Informatif 2020 

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya