Stasiun Yogyakarta dan Solo Balapan Buka Layanan Vaksinasi Gratis 

Dalam sehari vaksinasi hanya dilakukan untuk 50 orang 

Yogyakarta, IDN Times - Stasiun Yogyakarta dan Solo Balapan membuka layanan vaksinasi COVID-19 bagi penumpang kereta jarak jauh. Sebanyak 1.480 penumpang kereta api jarak jauh menerima suntikan vaksinasi gratis di Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Solo Balapan.

Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto mengungkapkan dari jumlah tersebut, 733 penumpang di antaranya menerima vaksinasi di Stasiun Yogyakarta dan 747 lainnya menerima vaksinasi di Stasiun Solo Balapan dalam kurun waktu 3-17 Juli 2021.

1. Pelaksanaan vaksinasi di stasiun kereta Daop 6

Stasiun Yogyakarta dan Solo Balapan Buka Layanan Vaksinasi Gratis Pelaksanaan vaksinasi di Daop 6 Yogyakarta. Dok: istimewa

Supriyanto menjelaskan, sejak 3 Juli 2021 PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka layanan vaksinasi COVID-19 gratis di beberapa stasiun khusus bagi pelanggan KA jarak jauh. Di wilayah Daops 6 Yogyakarta, kegiatan Vaksinasi dilaksanakan di Stasiun Yogyakarta dan Solo Balapan.

“Program vaksinasi gratis di stasiun ini merupakan upaya KAI untuk mendukung program pemerintah, serta membantu masyarakat dalam memenuhi persyaratan bepergian menggunakan kereta api jarak jauh di masa PPKM Darurat sesuai SE Kemenhub No 42 Tahun 2021," ungkapnya pada Minggu (18/7/2021).

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Bus TransJogja Sementara Berhenti Beroperasi 

2. Kuota sehari sebanyak 50 orang

Stasiun Yogyakarta dan Solo Balapan Buka Layanan Vaksinasi Gratis Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Setiap harinya, di masing-masing stasiun disediakan kuota sebanyak 50 orang. Sedangkan untuk syarat mengikuti vaksinasi yaitu harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA jarak jauh yang berlaku, memiliki KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api.

"Khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksinasi COVID-19," katanya.

3. Para penumpang yang hendak vaksinasi diimbau persiapkan jadwal dengan baik

Stasiun Yogyakarta dan Solo Balapan Buka Layanan Vaksinasi Gratis Suasana Stasiun Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Supriyanto menghimbau kepada calon pelanggan KA yang akan melakukan vaksinasi COVID-19 di stasiun agar merencanakan dengan baik waktu pelaksanaan antara vaksinasi, rapid test antigen, dan jadwal keberangkatan KA untuk menghindari keterlambatan naik kereta api.

Bagi pelanggan dengan kepentingan khusus yang tidak belum dapat belum vaksinasi dengan alasan medis, tetap dapat menggunakan kereta api jarak jauh dengan syarat menunjukkan surat keterangan dari dokter spesialis dan disertai surat negatif RT-PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku.

"Untuk pelanggan di bawah 18 tahun tidak diharuskan menunjukkan kartu vaksin. Kemudian untuk pelanggan di bawah 5 tahun tidak diharuskan menunjukkan hasil RT-PCR atau Rapid Test Antigen," paparnya.

Lebih lanjut, Supriyanto menjelaskan mulai 5 - 20 Juli 2021, pelanggan kereta jarak jauh di Pulau Jawa dan Sumatera wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau rapid test antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan. Khusus perjalanan di Pulau Jawa, pelanggan diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya