Comscore Tracker

Simulasi New Normal di Tlogo Putri, Bupati Sleman: COVID-19 Masih Ada

Bupati minta pelaku usaha konsisten patuhi protokol

Sleman, IDN Times - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman kembali melakukan simulasi untuk melihat kesiapan penerapan new normal di destinasi wisata Tlogo Putri, Kaliurang.

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan, konsisten merupakan hal yang penting dipegang oleh pengelola saat wisata sudah mulai dibuka di new normal nanti. Menurut Bupati, ketika pengelola tidak bisa konsisten, maka ditakutkan akan terjadi klaster penularan COVID-19 di kawasan wisata.

Baca Juga: Jumlah Kasus Tak Bertambah, Pemda DIY Siapkan Tes Swab Massal 

1. Melawan lupa, di sekitar kita masih ada COVID-19

Simulasi New Normal di Tlogo Putri, Bupati Sleman: COVID-19 Masih AdaSimulasi di Tlogo Putri. IDN Times/Siti Umaiyah

Bupati mengingatkan, selama vaksin COVID-19 belum ditemukan, maka hal yang bisa dilakukan adalah patuh terhadap protokol kesehatan. Meskipun pertumbuhan COVID-19 di Sleman cenderung lambat, namun semua pihak tidak boleh lengah agar tidak ada gelombang penyebaran COVID-19 yang lebih parah.

"Objek wisata konsistensi harus tetap dijalankan ke depan sebelum ditemukan vaksin. Melawan lupa, di sekitar kita masih ada COVID-19. Walaupun dia pertumbuhan lambat namun harus tetap waspada," terangnya pada Selasa (30/6).

2. Sudah persiapkan berbagai sarana prasarana

Simulasi New Normal di Tlogo Putri, Bupati Sleman: COVID-19 Masih AdaSimulasi di Tlogo Putri. IDN Times/Siti Umaiyah

Kepala Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Pujiati menjelaskan saat ini pihaknya telah menyiapkan berbagai sarana prasarana untuk menyambut pembukaan kembali wisata di bawah TNGM. Dia menjelaskan, di pintu masuk sendiri saat ini sudah disediakan 3 tempat cuci tangan. Selain itu, bagi pengunjung maupun pengelola diwajibkan untuk taat protokol COVID-19.

"Kita sudah menambah tempat cuci tangan, menjelang masuk ke wisata ada 3 tempat cuci tangan, tetap mengikuti protokol, memakai masker, penyediaan pengukur suhu, social distancing, ada tanda dilarang berkerumun," terangnya.

3. Pembukaannya tunggu arahan Pemkab Sleman

Simulasi New Normal di Tlogo Putri, Bupati Sleman: COVID-19 Masih AdaSimulasi di Tlogo Putri. IDN Times/Siti Umaiyah

Pujiati menjelaskan, meskipun destinasi wisata telah siap untuk dibuka, namun untuk pembukaannya pihaknya masih menunggu arahan dari Pemkab Sleman. Nantinya dalam pembukaannya pihaknya akan menghitung daya dukung dan daya tampung.

"Ketika dibuka tetap ketatkan dengan protokol COVID-19. Intinya kalau kami siap, tinggal menunggu arahan Pemerintah pusat," paparnya.

Baca Juga: Insentif Tak Kunjung Cair, Nakes di Kabupaten Sleman Ngaku Pasrah

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya