Sempat Mundur, Musim Tanam Padi di Sleman Dimulai Desember Ini

Awalnya musim tanam padi di Sleman ada di Bulan Oktober

Sleman, IDN Times - Setelah sempat mundur akibat adanya kemarau panjang, musim tanam padi di Kabupaten Sleman sudah bisa dilakukan pada bulan Desember ini.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sleman, Heru Saptono menjelaskan, biasanya musim tanam di Kabupaten Sleman dilakukan pada Bulan Oktober, akan tetapi karena pada Oktober tahun ini belum ada hujan, maka musim tanam menjadi bergeser di Bulan Desember.

Baca Juga: 38 Hektar Lahan Pertanian di Sleman Terdampak Tol Yogyakarta-Solo

1. Petani bisa memulai tanam padi secara serentak

Sempat Mundur, Musim Tanam Padi di Sleman Dimulai Desember IniKepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Heru menjelaskan, saat ini beberapa daerah di Kabupaten Sleman, mulai dari Prambanan sampai Moyudan sudah hujan. Oleh karenanya petani sudah bisa menanam padi secara serentak.

"Insyaallah Desember ini awal musim tanam bisa kita lakukan. Kita harapkan mudah-mudahan tanam bisa dilakukan serentak, dan nanti saat produksi bisa serentak, sehingga dalam satu tahun tidak mengurangi efektivitas produksi," terang Heru, Selasa (17/12).

2. Meski sempat mundur, diharapkan produksi padi tetap surplus

Sempat Mundur, Musim Tanam Padi di Sleman Dimulai Desember IniMina Padi yang ada di Kabupaten Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Kendati mengalami keterlambatan masa tanam, Heru berkeyakinan jika nantinya produksi padi di Sleman tetap surplus seperti pada tahun sebelumnya, di mana pada 2018 lalu produksi padi di Sleman mengalami surplus sebanyak 86 ribu ton.

"Untuk tahun ini dari BPS (Badan Pusat Statistik) memang belum menghitung, tapi mungkin kalau memang berkurang ya tidak banyak. Ya memang harus kita hadapi, di mana musim kemarau luar biasa. Sektor pertanian tidak bisa lepas dari lahan dan musim, ini konsekuensi bagi kami," tuturnya.

3. Dinas Pertanian dan Perikanan Sleman mulai bagikan pompa air ke petani

Sempat Mundur, Musim Tanam Padi di Sleman Dimulai Desember IniKepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Heru menjelaskan, untuk mengantisipasi agar pada masa tanam petani tidak mengalami kekurangan air, pihaknya sudah mulai membagikan pompa-pompa kepada para kelompok tani. Selain itu, embung-embung kecil juga sudah dipersiapkan.

"Untuk antisipasi berikutnya kita sudah siapkan pompa-pompa nanti akan dibagikan untuk kelompok bisa menaikkan air yang ada di sungai, atau di sumur yang elevasi ada di bawah sehingga bisa naik. Beberapa embung pertanian kecil juga kita bangun di Wonolelo, kita bangun kapasitas 600 meter kubik," ungkapnya.

Baca Juga: Dosen UGM Kembangkan Penghitung Emisi Gas Rumah Kaca untuk Pertanian

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya