Selama Sepekan, BMKG Catat 11 Gempa Bumi di Jateng, DIY hingga Jatim  

Sebanyak 2 kejadian gempa bumi dirasakan masyarakat

Sleman, IDN Times - Selama sepekan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Geofisika (BMKG) Kelas I Sleman melaporkan sebanyak 11 kali gempa bumi yang terjadi di wilayah PGR VII. Dari data pemantauan yang dilakukan dari tanggal 8 hingga 14 Oktober 2021, gempa yang terjadi memiliki rentang magnitudo 1.9 - 5.1.

1. Didominasi gempa bumi dangkal

Selama Sepekan, BMKG Catat 11 Gempa Bumi di Jateng, DIY hingga Jatim  Kejadian gempabumi yang terekam oleh BMKG. Dok: istimewa

Dari total 11 kali gempa bumi yang terekam, ada sebanyak 3 kali kejadian dengan magnitudo kurang dari 3. Sementara 7 kali dengan magnitudo 3.1-4, serta 1 kali gempa bumi dengan magnitudo 5.1-6.

Terdapat 1 kejadian gempa bumi yang masuk kategori menengah (60-300 km) serta 10 kali kejadian gempa bumi dengan kategori dangkal atau kurang dari 60 km.

Baca Juga: Karyawan Pinjol Sleman Dibawa ke Jabar, Ada yang Baru Masuk 1 Hari    

2. Sebanyak 2 kejadian gempa bumi dirasakan masyarakat

Selama Sepekan, BMKG Catat 11 Gempa Bumi di Jateng, DIY hingga Jatim  Ilustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Total dari 11 kejadian gempa bumi yang terjadi, setidaknya 2 kejadian gempa bumi yang dirasakan masyarakat. Pertama, gempa bumi magnitudo 3.3 pada Minggu, 10 Oktober 2021 pukul 17.50.49 WIB terjadi di wilayah Kabupaten Tegal. Gempa bumi ini termasuk dalam jenis dangkal akibat aktivitas sesar baribis kendeng segmen Brebes. Guncangan yang terjadi, setidaknya dirasakan masyarakat di Brebes.

Kedua, gempa bumi dengan magnitudo 4.8 yang terjadi di Pacitan, Jawa Timur pada Rabu, 13 Oktober 2021 pukul 12.00.47 WIB. Gempa bumi ini termasuk dalam jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di Samudra Hindia, Selatan Jawa. Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Pacitan, Wonogiri, Trenggalek hingga Gunungkidul.

3. Tidak ada peningkatan aktivitas kegempaan

Selama Sepekan, BMKG Catat 11 Gempa Bumi di Jateng, DIY hingga Jatim  Kejadian gempabumi yang terekam oleh BMKG. Dok: istimewa

Berdasarkan analis yang dilakukan BMKG pada periode ini, tidak terdapat peningkatan secara signifikan aktivitas kegempaan di wilayah PGR VII.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya