Sekolah Tatap Muka Sleman, Zona Hijau Kapasitas Murid 25 Persen

Belum ada sekolah yang menyelenggarakan tatap muka 

Sleman, IDN Times - Meskipun beberapa wilayah masih berada di zona merah, Pemerintah Kabupaten Sleman tetap melakukan persiapan dan pertimbangan terkait kegiatan sekolah tatap muka.

Juru Bicara Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Sleman Shavitri Nurmala menjelaskan hal utama yang dipertimbangkan adalah peta epidemiologi COVID-19 di Kabupaten Sleman.

"Tatap muka direncanakan tetap memperhatikan evaluasi mapping paparan COVID-19 di wilayah," ungkapnya pada Selasa (22/6/2021).

1. Zona hijau kapasitas murid satu kelas 25 persen

Sekolah Tatap Muka Sleman, Zona Hijau Kapasitas Murid 25 PersenIlustrasi siswa sekolah dasar belajar online (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Shavitri membeberkan apabila suatu wilayah ditetapkan sebagai zona hijau, maka pembelajaran di wilayah tersebut akan dilakukan dengan kapasitas sebanyak 25 persen dari jumlah murid di kelas. Namun, apabila suatu wilayah masuk dalam zona merah, maka pembelajaran tatap muka tak bisa dilakukan.

"Tatap muka untuk pendidikan akan membuka dengan 25 persen kehadiran murid di wilayah dengan zona hijau. Tapi kalau zona merah tidak diadakan pembelajaran tatap muka," terangnya.

Baca Juga: Pemkab Sleman Kembali Gelar Vaksinasi Massal, Yuk Ikutan!

2. Tidak akan gegabah selenggarakan tatap muka

Sekolah Tatap Muka Sleman, Zona Hijau Kapasitas Murid 25 PersenKepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana IDN Times/Siti Umaiyah

Kepala Dinas Pendidikan Sleman Ery Widaryana menyatakan pihaknya tak akan memaksakan dan gegabah menyelenggarakan pembelajaran tatap muka. Menurutnya saat ini sekolah sudah diminta melakukan persiapan, namun terkait eksekusi akan mengikuti kebijakan yang ada.

"Tatap muka kebijakan awal kami adalah menyiapkan seperti biasa, tetapi eksekusi pada tahun ajaran baru itu mengikuti kebijakan pemerintah. Tapi sekolah kami minta persiapkan. Intinya, eksekusinya menunggu kebijakan pemerintah, kalau memang ditunda ya ditunda," terangnya.

3. Belum ada sekolah yang menyelenggarakan tatap muka

Sekolah Tatap Muka Sleman, Zona Hijau Kapasitas Murid 25 PersenIlustrasi siswa SD mengenakan masker (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Ery mengungkapkan hingga saat ini di Kabupaten Sleman belum ada sekolah yang menyelenggarakan pembelajaran tatap muka. Pihaknya menegaskan jika hingga saat ini masih menunggu aturan dari pemerintah pusat.

"Sama sekali belum ada (tatap muka). Kami ke depan menunggu kebijakan pemerintah, melihat situasi dan kondisi," paparnya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya