Satu Pelaku Pasar Cebongan Positif COVID-19

Pasar sudah dikondisikan

Sleman, IDN Times - Satu pelaku Pasar Cebongan diketahui positif COVID-19. Panewu Mlati, Yakti Yudanto mengungkapkan, satu orang yang positif COVID-19 merupakan penjaga toilet di Pasar Cebongan dan saat ini sudah menjalani perawatan di rumah sakit.

Baca Juga: Cegah Klaster Pariwisata, Kapanewon Cangkringan Akan RDT Pelaku Wisata

1. Sudah mengkondisikan ke Pasar

Satu Pelaku Pasar Cebongan Positif COVID-19IDN Times/Wayan Antara

Yakti menjelaskan, setelah mendengar kabar adanya satu orang yang positif COVID-19 di Pasar Cebongan, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan pihak pasar maupun Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sleman. Upaya disinfeksi pun juga sudah dilakukan.

"Kapanewon sudah siap back-up, baik itu edukasi warga maupun disinfektan. Sebelumnya sudah ada kerja sama monitor kerumunan," ungkapnya pada Jumat (11/9/2020).

2. Langsung lakukan tracing

Satu Pelaku Pasar Cebongan Positif COVID-19Ilustrasi Tes Usap/PCR Test (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Selain mengondisikan pasar, upaya tracing pun juga telah dilakukan pada Kamis (10/9/2020). Sejumlah orang yang diduga sempat melakukan kontak dengan pasien yang bersangkutan juga sudah diikutsertakan rapid test di Puskesmas Mlati II.

"Ada yang reaktif langsung dibawa ke Puskesmas juga. Menunggu hasil tes usap," tuturnya.

3. Pasien yang bersangkutan sudah menjalani perawatan di rumah sakit

Satu Pelaku Pasar Cebongan Positif COVID-19Ilustrasi tenaga kesehatan. ANTARA FOTO/Fauzan

Sementara itu, Kepala Puskesmas Mlati II, Veronica Evita Setianingrum membenarkan jika memang ada satu pelaku Pasar Cebongan yang positif COVID-19. Saat ini, yang bersangkutan sudah menjalani perawatan di Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada.

"Betul ada pedagang pasar yang konfirm positif, saat ini sudah ditangani di RS. Kontak (warga kontak dengan pasien positif) sudah diperiksa di Puskesmas kemarin," paparnya.

Baca Juga: Waduh, Enam Ibu Hamil di Yogyakarta Positif Terpapar Virus Corona

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya