Pendaftaran Pilkada Sleman, Dipastikan Tak Ada Calon Independen 

Sebelumnya terdapat dua paslon yang akan mendaftar 

Sleman, IDN Times - Hingga jadwal pendaftaran calon perseorangan ditutup pada Minggu (24/2) pukul 00.00 WIB, tidak ada calon perseorangan atau independen yang menyerahkan berkas pendaftaran di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sleman 2020.

Komisioner KPU Sleman, Indah Sri Wulandari menjelaskan, dengan tidak adanya calon yang menyerahkan berkas, maka di Pilkada Sleman 2020 dipastikan tidak ada calon perseorangan

Baca Juga: Dua Pasangan Ingin Maju Lewat Jalur Perseorangan di Pilkada Sleman

1. Dua bakal calon tak serahkan berkas

Pendaftaran Pilkada Sleman, Dipastikan Tak Ada Calon Independen Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi (IDN Times/Siti Umaiyah)

Sebelumnya, diketahui ada dua pasang bakal calon perseorangan yang melakukan bimtek ke KPU Sleman untuk selanjutnya mendaftarkan diri. Kedua pasang bakal calon tersebut yakni Haris Nugroho dan Imam Heru Purnomo serta Wajiman dan Sindu Kurniawan. Namun, sampai batas waktu yang sudah ditentukan, kedua calon tersebut tidak kunjung menyerahkan berkas pendaftaran.

"Sampai dengan batas akhir waktu penyerahan dukungan, bapaslon yang bersangkutan tidak menyerahkan dokumen syarat dukungan, maka ditetapkan status mereka batal menyerahkan," jelasnya pada Senin (24/2).

2. Sudah diberikan bimtek

Pendaftaran Pilkada Sleman, Dipastikan Tak Ada Calon Independen Kantor KPU Sleman (IDN Times/Siti Umaiyah)

Trapsi Haryadi, Ketua KPU Sleman menerangkan, sebelumnya pihaknya telah menyerahkan akun silon kepada kedua bakal calon tersebut. Bimtek pun juga telah dilakukan.

"KPU Sleman telah memberikan bimtek kepada tim bapaslon. Konsultasi juga dilayani beberapa melalui help desk. Rakor juga sudah dilaksanakan," ungkapnya.

3. Pasangan independen harus kumpulan 58.096 dukungan

Pendaftaran Pilkada Sleman, Dipastikan Tak Ada Calon Independen Ketua KPU Sleman, Trapsi Haryadi. IDN Times/Siti Umaiyah

Trapsi menjelaskan, untuk bisa maju sebagai calon perseorangan dalam Pilkada Sleman 2020, pasangan calon harus mampu mengumpulkan total dukungan sebanyak 58.096 dari masyarakat.

Dukungan tersebut diharuskan mencakup semua wilayah kecamatan yang ada di Sleman, yang terdiri dari 17 kecamatan. "Tahap selanjutnya yakni pendaftaran paslon tanggal 16 - 18 Juni 2020," jelasnya.

Baca Juga: Calon Bupati Independen Pilkada Sleman Perlu Kumpulkan 58.096 KTP

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya