Kembali Digelar, Soprema Ajak Kaum Muda Bangkit di Masa Pandemik

Kamu juga tertarik ikutan?

Sleman, IDN Times - YouSure Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI kembali menyelenggarakan Sociopreneur Muda Indonesia (Soprema) UGM. Gelaran yang sudah memasuki tahun keenam ini secara konsisten ingin menggerakkan generasi muda untuk bisa menjadi entrepreneur sosial.

Hempri Suyatna selaku Ketua Pelaksana Soprema 2021 mengungkapkan, tema yang ingin diangkat Soprema tahun ini yakni Inovasi Sociopreneur Muda dalam Kebangkitan Bangsa di Masa Pandemi COVID-19. Lewat tema ini, Soprema berkeinginan untuk bisa menjadi wadah dan memfasilitasi ide wirausaha sosial, khususnya oleh pemuda di tengah pandemik COVID-19 yang hingga kini masih mendera.

Baca Juga: Mahasiswa UGM Ciptakan Smart Wastafel, Mampu Recycle Air Limbah Jadi Air Bersih

1. Dilakukan beberapa penyesuaian

Kembali Digelar, Soprema Ajak Kaum Muda Bangkit di Masa PandemikKegiatan Soprema ke-5 yang diadakan oleh YouSure Fisipol UGM. Dok: istimewa

Hempri mengungkapkan, adanya situasi yang tidak menentu, membuat pihaknya harus melakukan beberapa penyesuaian terkait perhelatan Soprema. Di tahun 2021 ini, rangkaian acara kompetisi dan expo Soprema kembali dilaksanakan secara daring seperti tahun sebelumnya. Gelaran Soprema 2021 dimulai pada hari ini (16/8/2021), yang kemudian akan disusul pembukaan pendaftaran untuk kegiatan kompetisi sociopreneur muda pada esok hari (17/8/2021). Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs resmi Soprema yaitu soprema.fisipol.ugm.ac.id hingga 17 September 2021 mendatang.

Dia menjelaskan jika kompetisi sociopreneur akan dibagi menjadi dua kategori lomba yaitu Kick Off untuk usaha dengan usia di bawah satu tahun atau masih dalam bentuk ide usaha, dan Startup untuk usaha dengan usia usaha di atas 1 tahun. Tema usaha yang diangkat dalam kompetisi Soprema cukup beragam, meliputi Industri Kreatif dan Pariwisata, Pertanian Kemaritiman, serta Kesehatan dan Pendidikan.

"Tahun ini, Soprema UGM menargetkan dapat menjaring lebih banyak insan kreatif dan inovatif dari seluruh provinsi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam Soprema 2021," terangnya.

2. Sudah menjaring 2.340 peserta

Kembali Digelar, Soprema Ajak Kaum Muda Bangkit di Masa Pandemikpixabay.com/rawpixel

Selama lima tahun penyelanggaraan sejak 2016 hingga 2020, Soprema berhasil menjaring 2.340 peserta sociopreneur dari 25 provinsi di seluruh Indonesia. Najib Azca selaku Direktur YouSure UGM mengatakan, banyak gagasan serta ide-ide sociopreneur yang muncul dari peserta Soprema tahun-tahun sebelumnya. Seperti halnya penyelesaian masalah sampah, yang bukan sekadar menghilangkan sampah namun juga menghasilkan uang. Memberi akses pekerjaan kepada kawan difabel untuk bisa turut bekerja.

"Ada juga yang membuat gagasan membuat es krim buah naga, dengan mengolah sumber daya yang ada di daerah lokal serta memberdayakan kelompok perempuan yang janda," katanya.

3. Perguruan tinggi diharapkan bisa cetak entrepreneur baru

Kembali Digelar, Soprema Ajak Kaum Muda Bangkit di Masa PandemikMenteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali saat jumpa pers Soprema. Dok: istimewajumpa pers Soprema. Dok: istimewa

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali menjelaskan jika salah satu kunci agar negara bisa makmur adalah seberapa besar masyarakat kita bergerak di bidang kewirausahaan. Menurutnya, jika dibandingkan dengan negara tetangga, apalagi dengan Tiongkok, Indonesia masih tertinggal.

Untuk itu, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah maupun perguruan tinggi untuk bisa mencetak entrepreneur muda, di mana ke depan Indonesia juga akan menghadapi bonus demografi. Untuk itu, kegiatan seperti Soprema diharapkan bisa mencetak entrepreneur yang siap bersaing sekaligus memanfaatkan bonus demografi.

"Kita berharap para mahasiswa, bukan hanya dibekali dengan bekal akademik, tapi juga bekal lain," paparnya.

Baca Juga: Sistem Deteksi Kerumunan Besutan Mahasiswa UGM, Cegah COVID Menyebar

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya