Kecelakaan Tunggal, Dekan Fakultas Peternakan UGM Meninggal Dunia

Prof Gede disemayamkan di UGM pada Kamis sore

Sleman, IDN Times - Dekan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. I Gede Suparta Budisatria meninggal dunia pada Kamis (4/11/2021). Diketahui, Prof Gede bersama rombongan sebelumnya terlibat kecelakaan tunggal di tol Cipali-Cikampek km 113 sekitar pukul 02.00 WIB.

Baca Juga: Membanggakan, 3 Peneliti UGM Masuk Top 2 Persen World Rangking Scientist 2021

1. Terlibat kecelakaan bersama dengan dua dosen Fakultas Peternakan lainnya

Kecelakaan Tunggal, Dekan Fakultas Peternakan UGM Meninggal DuniaDekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Gede Suparta Budisatria meninggal dunia pada Kamis (4/11/2021). (Dok. istimewa)

Selain Prof Gede, mantan Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof Ali Agus juga terlibat dalam rombongan yang sama. Selain itu, dalam rombongan juga turut serta dosen Fakultas Peternakan UGM, Hanim dan satu sopir. Untuk kondisi Prof Ali, Hanim serta sopir diketahui luka-luka dan sudah mendapatkan pertolongan di rumah sakit.

2. Disemayamkan Kamis sore

Kecelakaan Tunggal, Dekan Fakultas Peternakan UGM Meninggal DuniaIlustrasi Duka Cita (IDN Times/Arief Rahmat)

Kabag Humas dan Protokol UGM, Iva Arini mengungkapkan, rencananya jenazah Prof Gede akan disemayamkan di Balairung UGM pada Kamis (4/11/2021) pukul 15.00 WIB.

"Nanti sore disemayamkannya," ungkapnya pada Kamis (4/11/2021).

Prof. Gede sendiri diketahui memiliki ketertarikan tinggi pada riset Small Ruminant Production System. Pria kelahiran Bali, 22 Mei 1968, ini sebelumnya sempat menyelesaikan S1 di Fakultas Peternakan UGM, lalu S2 dan S3 di Wageningen University pada bidang Sistem Produksi Ternak.

Awal karier Prof. Gede di UGM sendiri sekitar pengunjung tahun 1994. Dalam kurun waktu kurang dari 20 tahun mengajar, Prof. Gede diangkat menjadi guru besar, di usianya yang belum menyentuh 46 tahun.

Selain di UGM, Prof. Gede juga mengabdikan diri dalam berbagai kegiatan terkait ternak potong dan kerja yang dikuasainya. Seperti menjadi anggota Komisi Bibit Nasional dan tim komisi pertimbangan uji performance sapi potong.

Selain itu, ia juga pernah menjadi pakar pendamping di Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Indrapuri Aceh serta Dinas Peternakan di Kabupaten Klungkung, Bali dan Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Prof. Gede juga pernah mewakili Indonesia, dengan menjadi District Coordinator dan National Livestock Consultant di UN FAO Indonesia.

3. Di hari yang sama, UGM semayamkan 3 Guru Besar

Kecelakaan Tunggal, Dekan Fakultas Peternakan UGM Meninggal DuniaHumas UGM

Selain Prof. Gede, UGM juga kehilangan dua Guru Besar lainnya. Prof.Sulchan Sofoewan, diketahui meninggal dunia pada Rabu, 3 November 2021 pukul 19.27 WIB, di RSUP dr. Sardjito. Kemudian, Prof.Sri Kadarsih Soejono dari Departemen Fisiologi FKKMK UGM juga tutup usia pada 3 November 2021, pukul 20.00 WIB.

Kedua Guru Besar UGM ini, juga disemayamkan di Balairung pada Kamis (4/11/2021).

"Dua (Guru Besar UGM) sedang disemayamkan di Balairung (saat ini)," terang Iva.

Baca Juga: UGM Telusuri Dugaan Kekerasan Seksual yang Dilakukan Mahasiswa S2

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya