Jumlah Bidang Tanah Terdampak Tol di Margokaton Berkurang Banyak

Data awal tanah berbeda saat pengecekan

Sleman, IDN Times - Jumlah bidang tanah terdampak pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen yang terletak di Kelurahan Margokaton, Seyegan berkurang cukup banyak.

Kepala Desa Margokaton, Sutejo menjelaskan pengurangan bidang tanah tersebut diketahui saat dilakukan konsultasi publik pada Selasa (22/9/2020).

1. Tanah berkurang cukup banyak

Jumlah Bidang Tanah Terdampak Tol di Margokaton Berkurang BanyakSosialisasi pembangunan tol Jogja-Bawen di Desa Tirtoadi. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Sutejo, saat dilakukan sosialisasi diketahui ada sebanyak 190 bidang tanah dengan luasan 102.926 meter persegi yang terdampak. Namun, pada saat pengecekan di lapangan saat ini hanya tersisa sekitar 100 bidang tanah.

"Berkurang banyak untuk jumlahnya belum bisa saya pastikan," ungkapnya pada Selasa (22/9/2020).

Dia menjelaskan jika pengurangan ini dilatarbelakangi tidak adanya objek atau bidang tanah saat dilakukan pengecekan lapangan. Dimungkinkan, data awal yang disajikan ke masyarakat saat sosialisasi hanyalah perabaan. 

Baca Juga: Ganti Rugi Lahan Terdampak Tol Jogja-Solo Bakal Dibayarkan November

2. Enam padukuhan terdampak

Jumlah Bidang Tanah Terdampak Tol di Margokaton Berkurang BanyakPemasangan perdana patol Tol Jogja-Solo. IDN Times/Siti Umaiyah

Di Kalurahan Margokaton sendiri, setidaknya ada enam padukuhan yang terdampak pembangunan tol. Yakni Susukan I, Susukan II, Susukan III, Bantulan, Somokaton dan Sonoharjo. Sutejo mengatakan jika saat ini keseluruhan warga terdampak tol di Margokaton sudah rela jika tanahnya digunakan untuk pembagunan tol.

Berkaitan dengan tanah desa yang terdampak tol, Sutejo menjelaskan total terdapat lima bidang dengan luasan sekitar 2.000 meter persegi yang salah satunya digunakan untuk makam.

"Karena posisinya elevated, jadi akan memindahkan makam yang terkena tiang pancangnya. Tidak dipindahkan seluruhnya," katanya.

3. Masih ada beberapa persyaratan yang belum lengkap

Jumlah Bidang Tanah Terdampak Tol di Margokaton Berkurang BanyakSosialisasi pembangunan tol Jogja-Bawen di Desa Tirtoadi. IDN Times/Siti Umaiyah

Sutejo menjelaskan saat ini masih ada beberapa warga yang belum melengkapi persyaratan, seperti belum bersertifikat SHM dan beberapa masih ada yang tanah yang belum turun waris.

"Ada 50 persen masih Letter C, yang belum turun waris banyak, tapi sudah acungan ini milik siapa," paparnya.

Baca Juga: Pakar UGM: Indonesia Jadi Episentrum COVID-19 Jika Tak Segera Berubah

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya