Hore, Sleman Sediakan Titik Wifi Gratis di 435 Padukuhan

Internetan semakin mudah, nih

Sleman, IDN Times - Guna mempermudah akses masyarakat menjangkau internet, Pemerintah Kabupaten Sleman meresmikan 435 titik wifi padukuhan gratis. Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menjelaskan, akses wifi ini dibutuhkan agar masyarakat lebih mudah mengakses pendidikan, kesehatan maupun yang lainnya.

Baca Juga: Tanggapi Aksi Klitih, Bupati Sleman Nilai Pelaku Kurang Perhatian 

1. Targetkan 1.212 padukuhan terjangkau wifi gratis di akhir 2022

Hore, Sleman Sediakan Titik Wifi Gratis di 435 PadukuhanIlustrasi wifi gratis. (Pixabay.com/geralt)

"Dengan pemasangan wifi gratis tiap padukuhan ini, semua masyarakat di Sleman dapat terjangkau internet. Harapannya, dapat meningkatkan, perekonomian, pendidikan, pariwisata, kesehatan dan kesejahteraan bagi masyarakat Sleman," ungkapnya saat meresmikan wifi gratis di Padukuhan Sumberwatu, Sambirejo, Prambanan, Sleman pada Rabu (29/12/2021).

Kustini mengatakan, pemasangan wifi gratis di setiap padukuhan menjadi salah satu program prioritas Pemkab Sleman. Pada 2022 mendatang, pihaknya menargetkan ada 1.212 padukuhan di Kabupaten Sleman yang sudah bisa mengakses wifi padukuhan gratis.

"Kita harapkan akses internet di semua wilayah di Sleman bisa merata," katanya.

2. Bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan masyarakat

Hore, Sleman Sediakan Titik Wifi Gratis di 435 PadukuhanBupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Kustini, nantinya wifi yang telah dipasang ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan pendidikan, ekonomi, maupun kesehatan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat. Bukan hanya itu, wifi ini juga diharapkan bisa digunakan masyarakat untuk mempercepat akses informasi.

"Ketika kita ingin apa di situ ada. Dengan adanya wifi gratis ini bukan hanya peningkatan ekonomi, tapi bisa untuk menambah pengetahuan yang luas apabila masyarakat ingin lebih tahu segala sesuatu untuk menambah literasi, dan sebagainya" terangnya.

3. Dipasang dengan dua konsep

Hore, Sleman Sediakan Titik Wifi Gratis di 435 PadukuhanPixabay.com

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Eka Suryo Prihantoro mengatakan, wifi padukuhan gratis ini dipasang dengan dua konsep. Yaitu, berlangganan provider menggunakan fiber optik (FO) dan membangun tower mandiri. Pembangunan tower ini dilakukan ketika memasang WiFi di padukuhan yang berada di wilayah perbukitan dan sulit dijangkau provider.

"Kecepatan wifi 30–50 Mbps dan dapat menghandle 40–60 device (perangkat) dengan coverage (jangkauan area) 30-40 meter," paparnya.

Baca Juga: 6 Desa Wisata di Sleman Cocok Jadi Pilihan Tempat Liburan Akhir Tahun

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya