Hindari Klaster, Seluruh Pegawai UGM Bakal Jalani Rapid Test Massal

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan karyawan

Sleman, IDN Times - Untuk menghindari munculnya klaster perkantoran, Universitas Gadjah Mada (UGM) akan menggelar rapid test massal untuk para pegawainya.

Sekretaris Rektor UGM, Gugup Kismono menjelaskan, rapid test massal ini rencananya akan dilakukan pada 31 Agustus–4 September 2020.

Baca Juga: Satu Nakes Positif COVID, UGM Lakukan Ttracing Seluruh Karyawan GMC 

1. Rapid test digelar bagi seluruh pegawai UGM

Hindari Klaster, Seluruh Pegawai UGM Bakal Jalani Rapid Test MassalIDN Times/Paulus Risang

Gugup memaparkan tes cepat massal ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap kesehatan dan keselamatan kerja pegawai. Nantinya, rapid test akan menyasar seluruh pegawai di lingkungan UGM

Rapid test kita lakukan pada seluruh pegawai yang bekerja di lingkungan Gedung Pusat UGM sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di lingkungan kerja,” ungkapnya pada Rabu (26/8/2020).

2. Total 500 pegawai yang akan jalani rapid test

Hindari Klaster, Seluruh Pegawai UGM Bakal Jalani Rapid Test Massal(Humas UGM)

Gugup memaparkan, penyelenggaraan rapid test sendiri akan dilakukan oleh Satgas COVID-19 UGM di Selasar Lantai 1 Sayap Selatan Gedung Pusat UGM. Sekitar 500-an pegawai dan manajemen akan mengikuti kegiatan rapid test massal selama 5 hari yang akan dimulai pada pukul 09.00 WIB.

“Dalam pelaksanaan nantinya dilakukan dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Dalam sehari akan dibagi menjadi 2-3 shift untuk menghindari kerumunan,” terangnya.

3. Berbagai upaya pencegahan telah dilakukan

Hindari Klaster, Seluruh Pegawai UGM Bakal Jalani Rapid Test MassalIlustrasi. (ANTARA FOTO/REUTERS/Eloisa Lopez)

Selain berencana melakukan rapid test massal, Gugup menjelaskan jika sebelumnya berbagai upaya pencegahan COVID-19 di lingkungan UGM telah dilakukan.

Upaya tersebut di antaranya pengukuran suhu tubuh sebelum masuk kantor, pengaturan jumlah pegawai, pengaturan jaga jarak, penyediaan hand sanitizer di setiap ruangan, penyediaan wastafel di sejumlah titik, membagikan APD bagi pegawai meliputi masker dan face shield, serta penyemprotan disinfektan secara rutin.

“Harapannya seluruh pegawai bisa bekerja sama menanggulangi COVID-19 dengan selalu menjaga kesehatan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Dengan begitu, diharapkan bisa mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan kerja,” paparnya.

Baca Juga: Begini Cara Kenali dan Cegah Gangguan Psikosomatik Menurut Dokter UGM

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya