Hari Kedua, Sudah 2 Bapaslon yang Resmi Mendaftar ke KPU Sleman

Masih ada kemungkinan bapaslon lain ikut mendaftar

Sleman, IDN Times - Pada hari kedua pendaftaran, sudah ada dua bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati-Wakil Bupati Sleman yang resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman.

Ketua KPU Sleman, Trapsi Haryadi menyebutkan, dua bapaslon yang sudah resmi mendaftar tersebut yakni Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa dan Sri Muslimatun-Amin Purnama.

Baca Juga: Sempat Batal, Wakil Bupati Petahana Sah Daftarkan Diri di Hari Kedua

1. Kedua dokumen persyaratan calon sudah lengkap

Hari Kedua, Sudah 2 Bapaslon yang Resmi Mendaftar ke KPU SlemanKetua KPU Sleman, Trapsi Haryadi. IDN Times/Siti Umaiyah

Trapsi menjelaskan, sejauh ini, dokumen persyaratan pencalonan kedua bapaslon tersebut sudah lengkap dan sah. Dia menjelaskan, untuk syarat sah dokumen sendiri terdiri dari 3 dokumen.

"Untuk sah dokumen ada 3, pertama surat kesepakatan parpol atau gabungan parpol, surat persetujuan dari DPP, dan surat keputusan DPP terkait kepengurusan partai. Sudah kita teliti lengkap dan sah," ungkapnya pada Sabtu (5/9/2020).

2. Penetapan calon dilakukan pada 23 September mendatang

Hari Kedua, Sudah 2 Bapaslon yang Resmi Mendaftar ke KPU SlemanKustini-Danang saat mendaftarkan diri ke KPU Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Meskipun syarat administrasi sudah diterima, namun syarat tersebut akan diverifikasi terlebih dahulu sebelum masuk ke tahapan penetapan calon pada 23 September mendatang. Selain itu, bagi bapaslon yang sudah mendaftarkan diri, juga harus mengikuti serangkaian tes kesehatan yang akan dilakukan pada 8-9 September di RSUP dr. Sardjito.

"(Dokumen) baru diterima, kalau nanti penetapan calon pada 23 September. Setelah ini proses verifikasi administrasi, tanggal 8-9 pemeriksaan kesehatan," terangnya.

3. Masih ada partai yang belum mendaftarkan bapaslonnya

Hari Kedua, Sudah 2 Bapaslon yang Resmi Mendaftar ke KPU SlemanSri Muslimatun-Amin Purnama saat mendaftarkan diri ke KPU Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Berkenaan masih adanya kemungkinan bapaslon lain yang maju dalam kontestasi Pilkada Sleman 2020 mendatang, Trapsi menjelaskan jika saat ini memang masih ada partai politik yang belum mendaftarkan calonnya. Sebelumnya parpol yang bersangkutan diketahui juga sudah melakukan konsultasi di KPU Sleman berkenaan dengan pencalonan.

"Dari partai-partai yang sampai hari ini belum mendaftar kemarin sudah kita berikan informasi yang cukup lengkap melalui rapat koordinasi dan sudah melakukan konsultasi melalui help desk," paparnya.

Baca Juga: Sempat Bermasalah, Kustini-Danang Daftar Pertama di KPU Sleman

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya