Dimulai 17 Juni, Ini Cara PPDB SMP Negeri dan Swasta di Sleman 

Jangan sampai salah ya

Sleman, IDN Times - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sleman resmi dimulai pada 17 Juni 2021. Proses PPDB ini dimulai dengan pengajuan akun secara online pada 17-23 Juni 2021. Sedangkan untuk pendaftaran PPDB SMP Swasta di Sleman akan dimulai pada 22 Juni 2021.

Lalu, bagaimana ketentuan dan alur pendaftaran? Jalur apa saja yang bisa digunakan dan  berapa kuota per masing-masing jalur? Berikut penjelasannya.

1. Ketentuan dan jalur pendaftaran di SMP negeri

Dimulai 17 Juni, Ini Cara PPDB SMP Negeri dan Swasta di Sleman ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Berdasarkan petunjuk teknis (juknis) dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, calon peserta didik diharuskan lulus SD/MI/Paket A serta berusia maksimal 15 tahun (kecuali jalur afirmasi). Nantinya daya tampung per rombongan belajar (rombel) per kelas terdapat 32 siswa.

Berkenaan dengan jalur pendaftaran, terdapat empat jalur yang bisa dipilih, yakni zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua serta prestasi. Besaran kuota jalur zonasi minimal 50 persen, kuota jalur afirmasi maksimal 15 persen, kuota jalur perpindahan tugas orang tua maksimal lima persen serta untuk jalur prestasi maksimal sebanyak 30 persen.

Baca Juga: Daftar Sekolah di Sleman, Calon Peserta Didik Wajib Serahkan ASPD

2. Alur dan jadwal pendaftaran SMP negeri

Dimulai 17 Juni, Ini Cara PPDB SMP Negeri dan Swasta di Sleman (Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi dengan petugas pusat layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA 7 Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2019). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Alur pendaftaran PPDB di Sleman akan dimulai dengan penyiapan berkas persyaratan, pendaftaran akun secara online serta cetak bukti pada 17-23 Juni 2021. Selanjutnya pada tanggal 19-23 Juni 2021, pengumpulan berkas persyaratan ke salah satu SMP negeri tujuan.

Pada tanggal yang sama yaitu 19-23 Juni akan dilakukan verifikasi berkas oleh operator SMP serta cetak tanda aktivasi akun atau token. Selanjutnya, pada tanggal 22-24 Juni 2021 dilakukan pendaftaran PPDB (pemilihan jalur dan SMP tujuan) dan pemantauan hasil seleksi. Tanggal 23-25 Juni 2021 dilakukan pengumuman hasil seleksi dan daftar ulang atau melakukan lapor diri.

3. Ini alur pendaftaran SMP swasta di Sleman

Dimulai 17 Juni, Ini Cara PPDB SMP Negeri dan Swasta di Sleman ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Sementara pendaftaran untuk SMP swasta di Kabupaten Sleman, ketentuan pendaftaran dan seleksi akan mengikuti keputusan kepala sekolah di masing-masing SMP. 

Untuk alur dan jadwal pendaftaran, akan dimulai pada 22-29 Juni 2021 dengan menyiapkan dokumen persyaratan sesuai ketentuan SMP.  Tanggal 22-29 Juni 2021 dilakukan pemilihan SMP dan mendatangi SMP yang dipilih. Pada tanggal yang sama yaitu 22-29 Juni 2021 menyerahkan dokumen kelengkapan serta panitia sekolah melakukan verifikasi. Selanjutnya, pada 30 Juni 2021 akan dilakukan pengumuman di papan pengumuman masing-masing sekolah.

Hari pertama masuk sekolah, baik SMP negeri maupun swasta di Kabupaten Sleman akan dimulai pada 12 Juli 2021, dengan tiga hari melakukan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya