Dari Liverpool Hingga Sleman, Emmanuella Cari Orang Tua Kandungnya

Emmanuella lahir di RS Pura Ibunda, Sleman 

Sleman, IDN Times - Emmanuella Tanzil, perempuan kelahiran 9 September 1985, hingga kini masih berjibaku mencari orang tua kandungnya. Perempuan yang saat ini tinggal di Liverpool, Inggris ini memperkirakan orang tuanya masih berada di Sleman.
 
Emmanuella mengaku dilahirkan oleh ibunya di RS Pura Ibunda, Samirono, Caturtunggal, Depok, Sleman.  Namun saat ini RS sudah tutup permanen dan berganti menjadi RS An Nur Rumah Sakit Bedah Urologi. Pada pada Mei 1986, dia diadopsi dan dibawa ke Jakarta.

"Mami Papi (orang tua adopsi) dibawa ke RS tersebut oleh saudara yang memang tinggal di Jogja. Tapi tante itu juga tidak ada info lainnya, beliau dan anaknya membantu saya mendapatkan nomor telepon dokter Lukas, pemilik RS itu (Pura Ibunda)," ungkapnya pada Jumat (30/10/2020).

1. Pertanyakan asul usulnya

Dari Liverpool Hingga Sleman, Emmanuella Cari Orang Tua KandungnyaInstagram/Emmanuellatanzil

Awal mula Emmanuella mencari orang tua kandungnya lantaran sejak kecil dia merasa curiga. Saat SD temannya menyebut dirinya tidak memiliki wajah mirip dengan orang tuanya. Lalu, ketika dewasa dan sudah menikah, suami Emmanuella menyarankan agar ia menanyakan asal-usul lebih detail kepada orang tua yang mengadopsinya. 

Niatan Emmanuella untuk mencari orang tua kandung belum juga disampaikan kepada orang tua adopsinya. Sekalipun, orang tua adopsinya telah mengunjunginya di Liverpool pada tahun 2015 dan 2017 silam. 

"Bulan September ini saya baru terbuka dengan mami. Mami hanya menginfokan kalau nama saya sebelum diadopsi adalah Theresia," katanya. 

Baca Juga: Ucapan Natal Diprotes, Pengelola Museum Sonobudaya Anggap Salah Paham

2. Sudah melakukan pencarian

Dari Liverpool Hingga Sleman, Emmanuella Cari Orang Tua KandungnyaInstagram/Emmanuellatanzil

Menurut Emmanuella, sebelumnya dirinya telah mencoba untuk mencari asal-usulnya ke sejumlah panti asuhan Yayasan Katolik di Yogyakarta, namun hasilnya nihil. Dia juga sudah menghubungi Dokter Lukas, pemilik RS Pura Ibunda. Hasilnya dokter mengatakan data-data miliknya tak lagi disimpan lantaran rumah sakit telah tutup.

Selanjutnya, Emmanuella telah mendapatkan nomor kontak pengelola yayasan adopsi dari sang dokter. Kebetulan pengelola yayasan adalah adik Dokter Lukas. 

"Saya telepon dua pekan lalu, tetapi jawabannya kurang jelas, seperti mengelak pertanyaan saya. Dan usul untuk melihat masa depan, tidak lihat ke belakang," katanya.

3. Minta bantuan Disdukcapil Sleman

Dari Liverpool Hingga Sleman, Emmanuella Cari Orang Tua KandungnyaInstagram/Emmanuellatanzil

Untuk bisa melacak identitas dan keberadaan orang tua kandungnya, Emmanuella juga telah menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sleman.

"Dinas Sosial Sleman berkenan membantu. Surat disposisi (dibantu pencarian asal-usul) baru keluar Senin pekan ini," paparnya.

Informasi lain yang ia miliki, Emmanuella memiliki saudara yang tinggal di Kota Yogyakarta. Hingga saat ini dirinya terus berupaya mencari orang tua kandungnya, dan meminta bantuan dari segenap warganet, baik Instagram maupun Twitter.

Baca Juga: Aktivitas Merapi Meningkat, Wisata Kemah di Bukit Klangon Ditutup

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya