Debat Pilkada Sleman, Cawabup Adu Gagasan Kembangkan Potensi Daerah

Apa saja ide masing-masing paslon?

Sleman, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman kembali mengadakan debat publik bagi peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sleman 2020 pada Kamis (5/11/2020) malam.

Dalam debat yang menghadirkan ketiga calon Wakil Bupati Sleman 2020 tersebut, sejumlah gagasan mengenai pengembangan potensi daerah dikemukakan.

Baca Juga: Debat Publik Pilkada Sleman Putaran I, Ini Visi Tiap Calon Bupati

1. Kerja sama dengan perguruan tinggi untuk maksimalkan potensi daerah

Debat Pilkada Sleman, Cawabup Adu Gagasan Kembangkan Potensi DaerahDebat publik putaran kedua bagi peserta Pilkada Sleman 2020. Dok: istimewa

Calon Wakil Bupati nomor urut 1, Raden Agus Choliq mengatakan, hal pertama yang akan bisa dilakukan yakni bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk bisa mengembangkan potensi daerah. Nantinya, perguruan tinggi ini bisa turut berperan aktif dalam pembangunan daerah.

"Kita memiliki 49 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta ini menjadi potensi tersendiri. Bagaimana perguruan tinggi ini bisa berperan aktif terhadap pembangunan pembangunan di Kabupaten Sleman baik di masa di masa pandemik atau setelahnya," ungkapnya pada Kamis (5/11/2020) malam.

Selain perguruan tinggi, hal lain yang diliriknya yakni banyaknya potensi desa wisata. Yang mana Sleman sendiri hingga saat ini telah memiliki puluhan desa wisata. Nantinya, desa wisata ini akan lebih dikembangkan dan dimaksimalkan lagi.

2. Kucurkan Rp100 juta per tahun bagi dusun

Debat Pilkada Sleman, Cawabup Adu Gagasan Kembangkan Potensi DaerahDebat publik putaran kedua bagi peserta Pilkada Sleman 2020. Dok: istimewa

Calon Wakil Bupati Sleman nomor urut 2, Amin Purnama mengatakan, salah satu gagasan utama yang akan diusungnya yakni Bangun Desa Nganti Wangun. Yang mana nantinya setiap dusun akan diberikan dana sebesar Rp100 juta per tahun untuk bisa mengembangkan potensi yang ada di desanya.

"Ini menjadi andalan kami, karena tentu nanti akan mengembangkan potensi mulai dari dusun-dusun. Yaitu ketika potensinya meningkat tentu desa meningkat, kecamatan meningkat dan otomatis kabupaten juga meningkat," katanya.

Bukan hanya itu, gagasan lain yang ingin diusungnya yakni mengembangkan pertanian dengan cara membebaskan PBB bagi tanah pertanian. Dia berharap jika ke depan Sleman bisa menjadi lumbung pangan yang lestari.

3. Bangun sarpras yang memadai

Debat Pilkada Sleman, Cawabup Adu Gagasan Kembangkan Potensi DaerahDebat publik putaran kedua bagi peserta Pilkada Sleman 2020. Dok: istimewa

Sementara itu, Danang Maharsa Calon Wakil Bupati nomor urut 3 mengungkapkan, gagasan yang ingin dibawanya untuk bisa meningkatkan potensi yang ada di Sleman yakni dengan membangun sarana prasarana yang memadai. Selain itu juga meningkatkan ketahanan masyarakat dan menghadapi berbagai macam bencana yang melanda.

"Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dengan dukungan teknologi. Meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat membangun ekonomi yang kreatif inovatif," katanya.

Bukan hanya itu, dia juga ingin menguatkan budaya masyarakat yang saling menghargai dan memiliki jiwa gotong royong.

Baca Juga: Debat Publik Pilkada Sleman Putaran Pertama, JCW: Minim Ide

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya